HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA

Khusnayein, Ikhda (2019) HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (458kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (48kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (883kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan dukungan sosial teman terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Variabel tergantung dalam penelitian adalah prokrastinasi akademik dan variabel bebas penelitian adalah regulasi diri dalam belajar dan dukungan sosial teman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengambilan data menggunakan skala prokrastinasi akademik yang berjumlah 28 aitem dengan internal consistency 0,903 dan memiliki rentang daya beda 0,309-0,643. Skala regulasi diri dalam belajar berjumlah 32 aitem dengan internal consistency 0,902 dan memiliki rentang daya beda 0,312-0,599. Skala dukungan sosial teman berjumlah 40 aitem dengan internal consistency 0,964 dan memiliki rentang daya beda 0,328-0,811. Analisa dilakukan kepada 126 mahasiswa kedokteran umum UNISSULA. Analisa data menggunakan teknik korelasi regresi ganda dan analisis korelasi parsial. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan ada hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan dukungan sosial teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik dengan R=0,739 dan F = 74,215, taraf signifikansi 0,000 (p<0,01). Hasil hipotesis kedua menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan prokrastinasi akademik dengan hasil rx1y= -0,690, taraf siginifikan 0,000 (p<0,01). Hasi hipotesis ketiga menunjukkan tidak ada hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial teman dengan prokrastinasi akademik dengan hasil rx2y = -0,002 dengan taraf signifikan 0,984 (p>0,05), sehingga hipotesis ketiga ditolak. Kata kunci : Prokrastinasi akademik, Regulasi diri dalam belajar, Dukungan sosial teman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:24
Last Modified: 10 Feb 2020 03:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15855

Actions (login required)

View Item View Item