Kurniawan, Adi (2016) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (304kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (56kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (20kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (92kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (176kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (109kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (339kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (13kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Karakteristik perusahaan yang digunakan antara lain tipe industri, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, pertumbuhan perusahaan dan umur perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan teori stakeholder sebagai grand theory. Pengukuran laporan tanggung jawab sosial perusahaan dapat dilihat dari laporan tahunan perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan melaporkan laporan tanggung jawab sosial. Periode penelitian ini adalah pada tahun 2014. Proses pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode purposive sampling, dengan kriteria sebagai berikut: perusahaan menerbitkan laporan tahunan, perusahaan mengungkapkan laporan tanggung jawab sosial perusahaan, perusahaan menyajikan laporan keuangan dalam mata uang rupiah, perusahaan juga harus memperoleh laba, dan semua data yang dibutuhkan tentang variabel penelitian lengkap. Total sampel dalam penelitian ini adalah 72 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel tipe industri, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, pertumbuhan perusahaan, dan umur perusahaan positif signifikan mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Secara individu hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tipe industri negatif tidak signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, ukuran perusahaaan positif signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, profitabilitas positif tidak signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, leverage negatif tidak signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, pertumbuhan perusahaan negatif tidak signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, dan umur perusahaan positif tidak signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.

Kata kunci: Karakteristik perusahaan, laporan tahunan perusahaan, pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, perusahaan manufaktur, teori stakeholder.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 Sep 2016 02:36
Last Modified: 08 Sep 2016 02:36
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4790

Actions (login required)

View Item View Item