Maralutifa, Rien (2014) PERAN KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KINERJA UKM BERBASIS ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN : STUDI KUALITATIF. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.
Preview |
Text
Cover.pdf |
Preview |
Text
Abstrak.pdf |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf |
Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun sebuah model konseptual
hubungan antara berbagi pengetahuan, orientasi kewirausahaan dan kinerja
organisasi dengan pendekatan kualitatif verifikatif. Pendekatan kualitatif
verivikatif yaitu penelitian yang menganut upaya analisis induktif. Sehingga
format dalam penelitian ini, peneliti mengutamakan memperoleh data sebanyakbanyaknya
dari lapangan kemudian data tersebut dilakukan analisis terhadap teori
yang digunakan pada penelitian-penelitian sebelumnya. Orientasi kewirausahaan
dan berbagi pengetahuan serta kaitannya dengan kinerja masih jarang dibahas
dalam penelitian terdahulu. Hanya saja beberapa penelitian terdahulu membahas
semua dimensi pada orientasi kewirausahaan melalui proses penciptaan
pengetahuan dan dilakukan dengan pendekatan kuantitatif.
Narasumber dalam penelitian ini adalah pengusaha IT yang sudah
menempuh pendidikan dan pelatihan baik dari perguruan tinggi maupun sekolah
menengah kejuruan. Sehingga sudah mampu dalam menerapkan dua jenis berbagi
pengetahuan yang berbeda, baik tukar pengetahuan antara pemimpin dengan
karyawan maupun antar sesama karyawan dan mengaplikasikannya kedalam
tindakan. Sebanyak enam narasumber penelitian terlibat dalam penelitian ini.
Mereka adalah pengusaha produk kreatif berbasis IT Provinsi Jawa Tengah Kota
Semarang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan metode
kepustakaan. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa pengusaha produk
kreatif berbasis IT mendasarkan orientasi usahanya pada inovatif, proaktif dan
pengambilan resiko. Sedangkan berbagi pengetahuan perusahaan produk kreatif
berbasis IT menekankan pada segi pengetahuan tacit dan pengetahuan eksplisit.
Selanjutnya pada kinerja organisasi para pelaku pengusaha menonjolkan pada segi
kuantitas produk, SDM yang kreatif dan produk yang inovatif.
Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Berbagi Pengetahuan, Kinerja Organisasi
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Akuntansi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Jan 2016 03:29 |
Last Modified: | 08 Jan 2016 03:29 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |