Maralutifa, Rien (2014) PERAN KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KINERJA UKM BERBASIS ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN : STUDI KUALITATIF. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (40kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

| Preview Download (28kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

| Preview Download (21kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

| Preview Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun sebuah model konseptual
hubungan antara berbagi pengetahuan, orientasi kewirausahaan dan kinerja
organisasi dengan pendekatan kualitatif verifikatif. Pendekatan kualitatif
verivikatif yaitu penelitian yang menganut upaya analisis induktif. Sehingga
format dalam penelitian ini, peneliti mengutamakan memperoleh data sebanyakbanyaknya
dari lapangan kemudian data tersebut dilakukan analisis terhadap teori
yang digunakan pada penelitian-penelitian sebelumnya. Orientasi kewirausahaan
dan berbagi pengetahuan serta kaitannya dengan kinerja masih jarang dibahas
dalam penelitian terdahulu. Hanya saja beberapa penelitian terdahulu membahas
semua dimensi pada orientasi kewirausahaan melalui proses penciptaan
pengetahuan dan dilakukan dengan pendekatan kuantitatif.
Narasumber dalam penelitian ini adalah pengusaha IT yang sudah
menempuh pendidikan dan pelatihan baik dari perguruan tinggi maupun sekolah
menengah kejuruan. Sehingga sudah mampu dalam menerapkan dua jenis berbagi
pengetahuan yang berbeda, baik tukar pengetahuan antara pemimpin dengan
karyawan maupun antar sesama karyawan dan mengaplikasikannya kedalam
tindakan. Sebanyak enam narasumber penelitian terlibat dalam penelitian ini.
Mereka adalah pengusaha produk kreatif berbasis IT Provinsi Jawa Tengah Kota
Semarang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan metode
kepustakaan. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa pengusaha produk
kreatif berbasis IT mendasarkan orientasi usahanya pada inovatif, proaktif dan
pengambilan resiko. Sedangkan berbagi pengetahuan perusahaan produk kreatif
berbasis IT menekankan pada segi pengetahuan tacit dan pengetahuan eksplisit.
Selanjutnya pada kinerja organisasi para pelaku pengusaha menonjolkan pada segi
kuantitas produk, SDM yang kreatif dan produk yang inovatif.
Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Berbagi Pengetahuan, Kinerja Organisasi

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jan 2016 03:29
Last Modified: 08 Jan 2016 03:29
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2345

Actions (login required)

View Item View Item