Haryanti, Haryanti (2014) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL,KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN SIKAP ETIS TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING DALAM PEMAHAMAN IFRS ( StudiKasusPadaUniversitas di Semarang ). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (66kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

| Preview Download (109kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

| Preview Download (69kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

| Preview Download (133kB)

Abstract

Tiap mahasiswa diharapkan mempunyai peran masing-masing. Mahasiswa
diharapkan ikut turut andil dalam setiap bentuk perubahan terbaru dalam akuntansi.
Mahasiswa di tuntut untuk lebih mandiri, lebih siap, kritis dan berperilaku bijak,
dalam setiap bentuk perubahan yang baru. Perubahan terbaru mengenai bentuk
standar akuntansi berupa IFRS. Masih membutuhkan partisipasi khususnya untuk
para mahasiswa yang dituntut untuk dapat mengetahui informasi terbaru. Dampak
terhadap diri sendiri akan menyebabkan timbul rasa kepercayaan diri pada individu
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan antara
kecerdasan emosional, intelektual, spiritual dan sikap etis dalam pemahaman
mahasiswa terhadap IFRS serta kepercayaan diri dalam memoderasi.
Penelitianinimenggunakanmetodesurvei yang menggunakan data primer yang
diperolehdarikuesioner.PopulasidalampenelitianiniadalahmahasiswaFakultasEkonomi
JurusanAkuntansi di Semarang yang memilikiakreditasi “A”.Jumlahsampel yang
diambildalampenelitianiniadalah70mahasiswadariUniversitasIslam Sultan Agung,
Universitas Katolik SoegijapranatadanUniversitasDiponegoro. Pengukuran untuk
masing-masing variabel dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas dengan
teknik Alpha Cronbach. Bahwa masing-masing variabel dari 70 item diperoleh dari
sebesar 0,375 sampai dengan kisaran 0,710 dinyatakan valid. Uji reliabilitas diperoleh
sebesar 0.740 yang berarti reliabel. Berdasarkan hasil deskripsi subjek diketahui
subjek yang berjenis kelamin laki-lakicenderung lebih sedikit dibandingkan dengan
subjek perempuan. Begitu pula dalam kepercayaan diri subjek yang berjenis kelamin
laki-laki cenderung lebih percaya diri dibandingkan dengan subjek perempuan.
Hasil pengujian hipotesis mengindikasikan bahwa kecerdasan emosional,
kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual serta kepercayaan diri tidak berpengaruh
secara parsial. Bahwa kecerdasan yang dimiliki oleh tiap individual cenderung
dimiliki ka�
� � � � ���
� •� � eturunan) sehingga tiap individu akan sulit
untuk dapat mengembangkan bakat yang dimilikinya, serta kurang rasa percaya diri
karena sulit untuk beradaptsai dengan lingkungan akansulit untuk mahasiswa untuk
dapat menerima informasi dengan cepat dan kritis. Pengujian hipotesis terhadap
variabel sikap etis menunjukan bahwa sikap etis berpengaruh secara signifikan, hal
ini menunjukan adanya penerapan yang seharusnya diterapkan sejak dini, baik
pelatihan maupun tata cara yang diterapkan dalam proses belajar. Serta keikutsertaan
peran orangtua dalam mendidik anaknya, sehingga akan mengetahui karakter tiap
masing-masing individual.

Kata Kunci : kecerdasan emosioanl, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual,
sikap etis, Kepercayaan Diri dan pemahaman IFRS

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 31 Dec 2015 06:28
Last Modified: 31 Dec 2015 06:28
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2174

Actions (login required)

View Item View Item