Rif'an, Muhammad Ali (2014) PENGARUH PERSEPSI DAN INOVASI PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEMAUAN MASYARAKAT BERTRANSAKSI DI BANK SYARIAH : PEMBIAYAAN MURABAHAH DENGAN SISTEM MUSYARAKAH. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.
Preview |
Text
Cover.pdf |
Preview |
Text
Abstrak.pdf |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf |
Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf |
Abstract
Perbankan Syariah adalah Bank yang beroprasi sesuai dengan prinsip
prinsip syariat islam. Pada dasarnya operasional perbankan Syariah tidak terlalu
jauh dari Bank Konvensional, tetapi pada perbankan Syariah melarang riba,
Gharar dll. Perbankan Syariah juga menghimpun dana dari Masyarakat, tetapi
menyalurkannya melalui pembiayaan. Salah satu Contohnya adalah pembiayaan
murabahah. Dari pembiayaan ini Bank dapat memperoleh pendapatan murabahah
sebagai salah satu sumber pendapatan bagi Bank, akan tetapi persepsi dan
kepercayaan masyarakat yang mulai menurun memungkinkan Bank harus
melakukan suatu inovasi pembiayaan. Penelitian yang berjudul “Pengaruh
Persepsi Dan Inovasi Pembiayaan Perbankan Syariah Terhadap Kemauan
Masyarakat Bertransaksi Di Bank Syariah (Pembiayaan Murabahah Dengan
Sistem Musyarakah)” ini menguji beberapa faktor yang mempengaruhi kemauan
masyarakat untuk bertransaksi di Bank Syariah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan data primer berupa
kuesioner. Populasi penelitian ini meliputi nasabah Bank Syariah dan masyarakat
yang berdomisili disemarang dengan sampel nasabah aktif Bank Syariah serta
masyarakat yang beragama islam dan teknik pengambilan sampel secara purphose
sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program spss, dengan alat
uji validitas, reliabilitas, Regresi linier berganda, Uji Statistik t, Uji Statistik F dan
Uji Koefisien Determinasi (R
2
).
Hasil uji asumsi klasik pada uji Normalitas hasilnya normal, tidak terjadi
Multikolonieritas, dan tidak terjadi Heterokedasitas sehingga menunjukan bahwa
model linier yang digunakan memenuhi syarat untuk dilakukan uji statistik
terhadap model regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa
Persepsi Masyarakat, Inovasi pembiayaan mempunyai pengaruh signifikan
terhadap kemauan Masyarakat untuk bertransaksi. Uji statistik F menunjukan nilai
signifikasi F sebesar 0,000 < 0,05 menunjukan keseluruhan variabel independen
secara bersama berpengaruh terhadap Kemauan Masyarakat untuk bertransaksi di
Bank Syariah. Uji koefisien determinasi menunjukan nilai R
sebesar
0,665/66,50% sedangkan sisanya diterangkan oleh faktor lain.
Kata-kata Kunci : Bank Syariah, Persepsi Masyarakat, Inovasi Pembiayaan,
Kemauan Masyarakat untuk Bertransaksi di Bank Syariah
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Akuntansi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Dec 2015 07:28 |
Last Modified: | 29 Dec 2015 07:28 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2111 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |