Sartika, Sandra (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI SYARIAH DENGAN MINAT BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unissula Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
![]() |
Text
Cover.pdf |
![]() |
Text
Daftar isi.pdf |
![]() |
Text
Daftar pustaka.pdf |
![]() |
Text
Lampiran.pdf |
![]() |
Text
publikasi.pdf |
![]() |
Text
Abstrak.pdf |
![]() |
Text
Bab 1.pdf |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Pemahaman Akuntansi Syariah dengan Minat Belajar sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Fakultas Ekonomi Unissula Semarang)” bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual terhadap pemahaman akuntansi syariah pada mahasiswa dengan memoderasi minat belajar.
Penelitian ini bersifat primer kuantitatif dengan populasi pada 316 mahasiswa dengan 186 responden di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang dengan metode convenience sampling. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan SPSS 23.0.
Hasil uji kualitas data valid dan reliabel, hasil uji asumsi klasik normal terbebas dari multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Hasil uji koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 57.1%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi syariah ditunjukkan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05; 2) minat belajar memoderasi kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi syariah ditunjukkan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 yakni sebesar 0.032 ; 3) minat belajar tidak memoderasi kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0.05.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Minat Belajar, Pemahaman Akuntansi Syariah
Dosen Pembimbing: | Kiryanto, Kiryanto | nidn0628106301 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Akuntansi |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 07:10 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 07:10 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |