Sartika, Sandra (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI SYARIAH DENGAN MINAT BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unissula Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

| Download (923kB)
[thumbnail of Daftar isi.pdf] Text
Daftar isi.pdf

| Download (109kB)
[thumbnail of Daftar pustaka.pdf] Text
Daftar pustaka.pdf

| Download (384kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of publikasi.pdf] Text
publikasi.pdf

| Download (83kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

| Download (179kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

| Download (256kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (236kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (382kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (103kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (251kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Pemahaman Akuntansi Syariah dengan Minat Belajar sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Fakultas Ekonomi Unissula Semarang)” bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual terhadap pemahaman akuntansi syariah pada mahasiswa dengan memoderasi minat belajar.
Penelitian ini bersifat primer kuantitatif dengan populasi pada 316 mahasiswa dengan 186 responden di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang dengan metode convenience sampling. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan SPSS 23.0.
Hasil uji kualitas data valid dan reliabel, hasil uji asumsi klasik normal terbebas dari multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Hasil uji koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 57.1%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi syariah ditunjukkan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05; 2) minat belajar memoderasi kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi syariah ditunjukkan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 yakni sebesar 0.032 ; 3) minat belajar tidak memoderasi kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0.05.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Minat Belajar, Pemahaman Akuntansi Syariah

Dosen Pembimbing: Kiryanto, Kiryanto | nidn0628106301
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Akuntansi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Mar 2020 07:10
Last Modified: 05 Mar 2020 07:10
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16934

Actions (login required)

View Item View Item