Putri, Rizqi Ananda (2021) PERAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN KENYAMANAN PELAYANAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MELALUI SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNISSULA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (738kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (421kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (480kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (464kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
|
Text
S1 Psikologi_30701700111_fullpdf.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui peran konformitas teman sebaya dan kenyamanan pelayanan terhadap perilaku belanja konsumtif online melalui shopee pada mahasiswa Fakultas Psikologi UNISSULA. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi di UNISSULA dengan jumlah sampel 240 mahasiswa dan teknik pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur dalam penelitian menggunakan 3 skala. Skala pertama adalah skala perilaku konsumtif mendapatkan reliabilitas sebesar 0,968 dari 29 aitem, skala kedua yaitu skala konformitas teman sebaya mendapatkan reliabilitas sebesar 0,916 dari 25 aitem dan skala ketiga yaitu kenyamanan pelayanan mendapatkan sebesar reliabilitas 0,874 dari 29 aitem. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan teknik regresi berganda dan korelasi parsial. Hipotesis pertama mendapatkan hasil nilai R sebesar 0,779 dan Fhitung sebesar 206,697 dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,01). Pada hipotesis kedua mendapatkan hasil rxly sebesar 0,716 dengan signifikansi 0,000 (p<0,05), dapat dan hipotesis ketiga mendapatkan hasil rx2y sebesar 0,252 dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05), yang dapat diartikan bahwa semua hipotesis yang diajukan diterima dan adanya hubungan positif antara konformitas teman sebaya dan kenyamanan pelayanan dengan perilaku konsumtif. Sumbangan efektif pada variabel konformitas teman sebaya dan kenyamanan pelayanan terhadap perilaku konsumtif mendapatkan hasil sebesar 60,8%. Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Konformitas Teman Sebaya dan Kenyamanan Pelayanan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 07:39 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 07:39 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23380 |
Actions (login required)
View Item |