Novianah, Miftakhul (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 8 SUBTEMA 3 KELAS IV SDN 03 KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (336kB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (344kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (580kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (461kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Novianah, M. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Tema 8 Subtema 3 Kelas IV SDN 03 Karangasem. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pembimbing I: Yulina Ismiyanti, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II: Yunita Sari, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap motivasi dan hasil belajar siswa tema 8 subtema 3 SDN 03 Karangasem. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodek kuantitatif dalam bentuk Quasi Exsperimen Design. Desain yang digunakan yaitu non-equivalent Control Group Design. Instrumen penelitian yang dipakai lembar soal tes, lembar angket, dan dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh dari kesimpulan bahwa (1) adanya pengaruh model make a match (X) terhadap hasil belajar (Y1), yang dibuktikan dengan menggunakan uji Independen Sample T-Test terdapat nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima dan pada uji Paired Sample T-Test dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh model make a match (X) terhadap motivasi belajar (Y2), yang dibuktikan dengan menggunakan uji Independen Sample T-Test bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima sedangkan pada uji Paired Sample T-Test terdapat nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya, H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan yang signifikan dari hasil pembelajaran sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran make a match pada kelas IV SDN 03 Karangasem. Kata Kunci : Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 03:31 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 03:31 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21524 |
Actions (login required)
View Item |