PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 8 SUBTEMA 3 KELAS IV SDN 03 KARANGASEM

Novianah, Miftakhul (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 8 SUBTEMA 3 KELAS IV SDN 03 KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Novianah, M. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Tema 8 Subtema 3 Kelas IV SDN 03 Karangasem. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pembimbing I: Yulina Ismiyanti, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II: Yunita Sari, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap motivasi dan hasil belajar siswa tema 8 subtema 3 SDN 03 Karangasem. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodek kuantitatif dalam bentuk Quasi Exsperimen Design. Desain yang digunakan yaitu non-equivalent Control Group Design. Instrumen penelitian yang dipakai lembar soal tes, lembar angket, dan dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh dari kesimpulan bahwa (1) adanya pengaruh model make a match (X) terhadap hasil belajar (Y1), yang dibuktikan dengan menggunakan uji Independen Sample T-Test terdapat nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima dan pada uji Paired Sample T-Test dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh model make a match (X) terhadap motivasi belajar (Y2), yang dibuktikan dengan menggunakan uji Independen Sample T-Test bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima sedangkan pada uji Paired Sample T-Test terdapat nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya, H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan yang signifikan dari hasil pembelajaran sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran make a match pada kelas IV SDN 03 Karangasem. Kata Kunci : Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:31
Last Modified: 12 Jan 2022 03:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21524

Actions (login required)

View Item View Item