DESKRIPSI PROSES KOGNITIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN

Fitrianingrum, Fitrianingrum (2020) DESKRIPSI PROSES KOGNITIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (449kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (245kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah harus dioptimalkan dengan baik karena proses kognitif siswa dapat dilihat ketika siswa dihadapkan pada suatu masalah. Siswa dapat berpikir cermat dan tepat serta alasan yang logis terkait solusi yang digunakan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan pengetahuan atau ketrampilan yang telah dimiliki sebelumnya. Proses kognitif setiap siswa berbeda-beda karena dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya tipe kepribadian. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses kognitif siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Kesugihan dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII C SMP Negeri 1 Kesugihan tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, memilih 2 siswa dari tipe kepribadian extrovert dan 2 siswa dari tipe kepribadian introvert. Instrument yang digunakan adalah angket tipe kepribadian extrovert-introvert, tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) siswa tipe kepribadian extrovert melakukan proses kognitif akomodasi pada setiap langkah pemecahan masalah matematika Polya pada materi perbandingan. (2) siswa tipe kerpibadian introvert melakukan proses kognitif asimilasi pada tahap memahami masalah, menyusun rencana dan memeriksa kembali serta melakukan proses kognitif asimilasi dan abstraksi pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah matematika Polya pada materi perbandingan. Kata Kunci : Proses Kognitif, Pemecahan Masalah, Tipe Kepribadian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:55
Last Modified: 15 Apr 2021 02:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18969

Actions (login required)

View Item View Item