PENGARUH WARNA CANGKIR TERHADAP PERSEPSI CITA RASA MINUMAN KOPI PADA MAHASISWA ANGKATAN 2018 FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Kusumaningrum, Fitria Dian (2019) PENGARUH WARNA CANGKIR TERHADAP PERSEPSI CITA RASA MINUMAN KOPI PADA MAHASISWA ANGKATAN 2018 FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (985kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh warna cangkir terhadap persepsi cita rasa minuman kopi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Unissula. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain counterbalancing. Subjek penelitian ini berjumlah 27 mahasiswa fakultas psikologi Unissula angkatan 2018 yang dibagi menjadi 3 kelompok eksperimen. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala persepsi cita rasa Kuesten (2004) yang telah dialih bahasakan ke dalam bahasa Indonesia dengan reliabilitas sebesar 0,897. Format skala yang digunakan yakni berupa Skala Likert dari rentang 1 – 9. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis varian dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warna cangkir dapat berpengaruh secara sangat signifikan terhadap persepsi cita rasa minuman kopi dengan nilai F = 5,265 dan p = 0,007 (p < 0,01). Warna biru secara signifikan mempengaruhi persepsi cita rasa. Letak urutan perlakuan warna cangkir juga membuktikan adanya perbedaan yang signifikan terhadap persepsi cita rasa dengan nilai F = 4,237 dan p = 0,0018 (p < 0,05). Hal ini ditunjukkan pada letak urutan perlakuan pada pasangan kelompok I vs III dan pasangan kelompok III vs I. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa warna cangkir dapat mempengaruhi persepsi cita rasa minuman kopi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Unissula. Kata kunci : Persepsi Cita Rasa, Warna, Kopi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:01
Last Modified: 10 Feb 2020 03:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15820

Actions (login required)

View Item View Item