Ulfa, Ririn Khayana (2018) PERAN MANAJEMEN WAKTU DAN EFIKASI DIRI AKADEMIK TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Psikologi UNISSULA.
|
Text
Abstrak.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
BabI.pdf Download (41kB) | Preview |
|
Text
BabII.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) |
||
Text
BabIII.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
||
Text
BabIV.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text
BabV.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
||
|
Text
Cover.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar_pustaka.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
Daftarisi.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (700kB) | Preview |
|
|
Text
Pernyataan_publikasi.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah manajemen waktu dan efikasi diri akademik berperan terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Sampel penelitian berjumlah 160 mahasiswa dan populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Metode pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi 2 prediktor dan korelasi parsial. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala manajemen waktu dengan reliabilitas 0,858, skala efikasi diri akademik dengan reliablitas 0,914, dan skala prokrastinasi akademik dengan reliabilitas 0,872. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peran yang signifikan antara manajemen waktu dan efikasi diri akademik terhahap prokrastinasi akademik dengan skor R sebesar 0,575 dan Fhitung sebesar 38,714 dengan taraf signifikasi p=0,000 (p<0,01). Hasil uji korelasi parsial antara manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik dengan mengendalikan variabel efikasi diri akademik, maka diperoleh rx1y = - 0,394 dengan taraf signifikasi 0,000 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada peran negatif yang sangat signifikan antara manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik. Hasil uji korelasi parsial antara efikasi diri akademik terhadap prokrastinasi akademik dengan mengendalikan variabel manajemen waktu diperoleh rx2y= - 0,096 dengan taraf signifikasi 0,228 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukan bahwa ada peran negatif yang tidak signifikan antara efikasi diri akademik terhadap prokrastinasi akademik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dapat diterima yaitu ada peran manajemen waktu dan efikasi diri akademik terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Manajemen waktu dan efikasi diri akademik menyumbang 32,2% dan 67,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : Prokrastinasi Akademik, Efikasi diri Akademik, Manajemen waktu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 01:49 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 01:49 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12384 |
Actions (login required)
View Item |