Pratama, Tamara Sindy (2021) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN REGULASI EMOSI DENGAN STRES AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (642kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (296kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (227kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (313kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (368kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
S1 Psikologi_30701700128_fullpdf.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan regulasi emosi dengan stress akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi mahasiswa Fakultas Kedokteran angkatan 2018-2020 dengan jumlah sampel 195 mahasiswa. Adapun metode pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan tiga alat ukur yaitu Skala Stres Akademik yang terdiri dari 32 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,938 dengan indeks daya beda aitem bergerak antara 0,347 sampai 0,732. Skala Efikasi Diri yang terdiri dari 35 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,896 dengan indeks daya beda aitem yang bergerak antara 0,317 sampai 0,534. Skala Regulasi Emosi yang terdiri dari 16 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,734 dengan indeks daya beda aitem yang bergerak antara 0,306 sampai 0,479. Analisis data menggunakan analisis regresi dan parsial. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan koenfisien R = 0,690 dan F = 87,219 dan signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang tergolong signifikan dari variabel efikasi diri dan regulasi emosi mahasiswa Fakultas Kedokteran. Analisis hipotesis kedua dengan koefisiensi rx1y= (-0,173) dan taraf signifikansi 0,016 (p<0,05) menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan pada variabel efikasi diri terhadap stres akademik. Analisis hipotesis ketiga menunjukkan koefisiensi rx2y= (-0,443) dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara regulasi emosi dengan stress akademik. Efikasi Diri dan Regulasi Emosi memberikan sumbangan efektif sebesar 47,6% pada Stres Akademik sedangkan 52,4% disumbangkan oleh faktor lain. Kata kunci: Stres Akademik, Efikasi Diri, Regulasi Emosi, Mahasiswa Kedokteran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 07:26 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 07:26 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23395 |
Actions (login required)
View Item |