Rifai, Achmad (2017) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL PAI (Studi Kasus Implementasi Core Values di SD Juara Semarang). Masters thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[thumbnail of COVER_1.pdf]
Preview
Text
COVER_1.pdf

| Preview Download (160kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (297kB)
[thumbnail of daftar isi_1.pdf]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

| Preview Download (157kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

| Preview Download (347kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (855kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (389kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (214kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (869kB)
[thumbnail of BAB 6.pdf] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (211kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

| Preview Download (301kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana implementasi core values di SD Juara Semarang. 2). Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam implementasi core values di SD Juara Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatatif. Metode pengumpulan datanya mengunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Guru PAI, Kepala Sekolah, dan Guru Mapel. Uji keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi, member chek. Adapun teknik dalam menganalisis data ini adalah dengan menggunakan teori Milles dan Huberman, yaitu Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Setelah dilakukan penelitian, ditemukan bahwa: Implementasi core values di SD Juara Semarang meliputi: 1) Perencanaan core values di SD Juara Semarang dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada satuan pendidikan perencanaanya melalui lima tahap yaitu: menentukan tujuan core values, membuat program, membuat jadwal, mensosialisasikan kepada warga sekolah dan orang tua peserta didik serta evaluasi core values. Pada tingkat satuan pembelajaran guru menyusun silabus dan RPP sebelum pembelajaran dimulai. 2) Pelaksanaan core values di SD Juara Semarang berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Pada kegiatan intrakurikuler guru telah melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai tahapan pelaksanaan pembelajaran, dalam kokurikuler pelaksanaannya tertib sesuai dengan apa yang dirumuskan oleh sekolah contoh s}ala>t d}huh}a> di dalamnya ada z\ikir, membaca al-asma> al-h}usna>, dan infaq d}huh}a>, berdo’a sebelum dan sesudah pelajaran, muraja’ah (tadarus al-Qur’a>n sesuai tingkatan setiap pergantian jam pelajaran), dalam kegiatan ekstrakurikuler pelaksanaannya telah sesuai dengan apa yang ditentukan oleh sekolah 3) Evaluasi core values di SD Juara Semarang berjalan dengan baik yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Sedangkan strategi guru PAI dalam implementasi core values berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat pada: 1) Strategi individual yang diimplementasikan dalam bentuk teladan, hadiah dan hukuman. 2) Strategi kelompok yang diimplementasikan dalam bentuk nasihat dan pembiasaan.

Kata Kunci: Strategi, implementasi, kurikulum muatan lokal PAI, core values, SD Juara.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Dec 2017 02:42
Last Modified: 13 Dec 2017 02:42
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8967

Actions (login required)

View Item View Item