Pratama, Yoga Restu (2025) PENGARUH INFORMATION QUALITY,SYSTEM QUALITY,SERVICE QUALITY TERHADAP E-LOYALTY DAN E-CUSTOMER CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI STUDI PADA PENGGUNA TIKET.COM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sutan Agung Semarang.

[thumbnail of Manajemen_30402100258_fullpdf.pdf] Text
Manajemen_30402100258_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Manajemen_30402100258_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Manajemen_30402100258_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Information Quality, System Quality, dan Service Quality terhadap e-Satisfaction, e-Loyalty, dan e-Customer Citizenship Behavior, dengan e-Satisfaction sebagai variabel mediasi pada pengguna Tiket.com. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-Satisfaction. Information Quality dengan indikator tertinggi timeliness, System Quality dengan indikator accessibility, serta Service Quality dengan indikator tangibles terbukti menjadi faktor dominan yang meningkatkan kepuasan pengguna. Selanjutnya, e-Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-Loyalty dan e-Customer Citizenship Behavior. Pengguna yang merasa puas menunjukkan loyalitas dalam bentuk tindakan nyata (action) dan perilaku sukarela seperti membantu pengguna lain (facilitation). Selain itu, e-Satisfaction juga memediasi pengaruh Information Quality, System Quality, dan Service Quality terhadap e-Lyalty dan e-Customer Citizenship Behavior. Temuan ini menegaskan peran penting e-Satisfaction sebagai jembatan antara kualitas layanan dengan loyalitas serta perilaku positif pengguna terhadap platform.
Kata kunci: Information Quality, System Quality, Service Quality, e-Satisfaction, e-Loyalty, e-Customer Citizenship Behavior, Tiket.com

Dosen Pembimbing: Adhiatma, Ardian | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 04 Nov 2025 01:58
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43405

Actions (login required)

View Item View Item