Pratama, Yoga Restu (2025) PENGARUH INFORMATION QUALITY,SYSTEM QUALITY,SERVICE QUALITY TERHADAP E-LOYALTY DAN E-CUSTOMER CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI STUDI PADA PENGGUNA TIKET.COM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sutan Agung Semarang.
|
Text
Manajemen_30402100258_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Manajemen_30402100258_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Information Quality, System Quality, dan Service Quality terhadap e-Satisfaction, e-Loyalty, dan e-Customer Citizenship Behavior, dengan e-Satisfaction sebagai variabel mediasi pada pengguna Tiket.com. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-Satisfaction. Information Quality dengan indikator tertinggi timeliness, System Quality dengan indikator accessibility, serta Service Quality dengan indikator tangibles terbukti menjadi faktor dominan yang meningkatkan kepuasan pengguna. Selanjutnya, e-Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-Loyalty dan e-Customer Citizenship Behavior. Pengguna yang merasa puas menunjukkan loyalitas dalam bentuk tindakan nyata (action) dan perilaku sukarela seperti membantu pengguna lain (facilitation). Selain itu, e-Satisfaction juga memediasi pengaruh Information Quality, System Quality, dan Service Quality terhadap e-Lyalty dan e-Customer Citizenship Behavior. Temuan ini menegaskan peran penting e-Satisfaction sebagai jembatan antara kualitas layanan dengan loyalitas serta perilaku positif pengguna terhadap platform.
Kata kunci: Information Quality, System Quality, Service Quality, e-Satisfaction, e-Loyalty, e-Customer Citizenship Behavior, Tiket.com
| Dosen Pembimbing: | Adhiatma, Ardian | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen |
| Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 01:58 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43405 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
