Safitri, Titin Evi (2025) PENGARUH CONSUMER ETHNOCENTRISM, RELIGIOUS ANIMOSITY TERHADAP BOYCOTT DENGAN BRAND LOYALTY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN MCD DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sutan Agung Semarang.
|
Text
Manajemen_30402100249_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Manajemen_30402100249_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Consumer Ethnocentrism dan Religious Animosity terhadap perilaku Boycott dengan Brand Loyalty sebagai variabel intervening pada konsumen McDonald’s di Kota Semarang. Fenomena boikot terhadap merek asing, termasuk McDonald’s, banyak dipicu oleh sentimen keagamaan dan nasionalisme konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain explanatory research. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Consumer Ethnocentrism berpengaruh negatif signifikan terhadap Brand Loyalty, sedangkan Religious Animosity tidak berpengaruh signifikan terhadap Brand Loyalty. Selanjutnya, Brand Loyalty terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap Boycott. Pada jalur mediasi, baik Consumer Ethnocentrism maupun Religious Animosity berpengaruh signifikan terhadap Boycott melalui Brand Loyalty. Temuan ini mengindikasikan bahwa tingkat loyalitas konsumen terhadap McDonald’s berperan penting dalam memperkuat pengaruh etnosentrisme dan sentimen keagamaan terhadap keputusan boikot. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya bagi perusahaan untuk memahami dinamika sosial, ideologis, dan keagamaan konsumen, serta menyusun strategi untuk menjaga dan memperkuat brand loyalty dalam menghadapi isu global.
Kata Kunci: Consumer Ethnocentrism, Religious Animosity, Brand Loyalty, Boycott, McDonald’s
| Dosen Pembimbing: | Nurhidayati, Nurhidayati | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen |
| Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 02:00 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43403 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
