Safitri, Titin Evi (2025) PENGARUH CONSUMER ETHNOCENTRISM, RELIGIOUS ANIMOSITY TERHADAP BOYCOTT DENGAN BRAND LOYALTY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN MCD DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sutan Agung Semarang.

[thumbnail of Manajemen_30402100249_fullpdf.pdf] Text
Manajemen_30402100249_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Manajemen_30402100249_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Manajemen_30402100249_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Consumer Ethnocentrism dan Religious Animosity terhadap perilaku Boycott dengan Brand Loyalty sebagai variabel intervening pada konsumen McDonald’s di Kota Semarang. Fenomena boikot terhadap merek asing, termasuk McDonald’s, banyak dipicu oleh sentimen keagamaan dan nasionalisme konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain explanatory research. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Consumer Ethnocentrism berpengaruh negatif signifikan terhadap Brand Loyalty, sedangkan Religious Animosity tidak berpengaruh signifikan terhadap Brand Loyalty. Selanjutnya, Brand Loyalty terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap Boycott. Pada jalur mediasi, baik Consumer Ethnocentrism maupun Religious Animosity berpengaruh signifikan terhadap Boycott melalui Brand Loyalty. Temuan ini mengindikasikan bahwa tingkat loyalitas konsumen terhadap McDonald’s berperan penting dalam memperkuat pengaruh etnosentrisme dan sentimen keagamaan terhadap keputusan boikot. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya bagi perusahaan untuk memahami dinamika sosial, ideologis, dan keagamaan konsumen, serta menyusun strategi untuk menjaga dan memperkuat brand loyalty dalam menghadapi isu global.
Kata Kunci: Consumer Ethnocentrism, Religious Animosity, Brand Loyalty, Boycott, McDonald’s

Dosen Pembimbing: Nurhidayati, Nurhidayati | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 04 Nov 2025 02:00
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43403

Actions (login required)

View Item View Item