Siskawati, Septiana (2025) PENGARUH HARGA DAN ONLINE CUSTOMERS REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA MARKETPLACE SHOPEE). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sutan Agung Semarang.

[thumbnail of Manajemen_30402100233_fullpdf.pdf] Text
Manajemen_30402100233_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Manajemen_30402100233_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Manajemen_30402100233_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (160kB)

Abstract

E-commerce telah berkembang pesat di Indonesia berkat kemajuan teknologi digital, dan Shopee merupakan salah satu platform belanja online yang paling populer, terutama di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan ulasan pelanggan online terhadap keputusan pembelian, dengan niat membeli sebagai variabel mediasi di kalangan pengguna platform Shopee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksplanatori. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang diberikan kepada 100 responden yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung yang sebelumnya pernah berbelanja di Shopee. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS 4. Temuan studi menunjukkan bahwa minat pembelian dipengaruhi secara signifikan oleh harga dan ulasan pelanggan online, dan bahwa minat pembelian pada gilirannya secara signifikan mempengaruhi keputusan untuk melakukan pembelian. Selain itu, telah dibuktikan bahwa dampak harga dan ulasan pelanggan online terhadap keputusan pembelian dimediasi oleh minat pembelian. Untuk meningkatkan minat pelanggan dan keputusan pembelian, perusahaan e-commerce dapat menggunakan temuan ini untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif yang memperhitungkan persepsi harga dan kualitas ulasan pengguna.
Kata kunci: Shopee, harga, minat untuk melakukan pembelian, ulasan pelanggan online, dan keputusan pembelian.

Dosen Pembimbing: Fachrunnisa, Olivia | nidn0618067501
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 04 Nov 2025 02:07
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43399

Actions (login required)

View Item View Item