Nuraini, Marthania Adi (2025) PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN PRODUCT INNOVATION TERHADAP MARKETING PERFORMANCE DENGAN COMPETITIVE ADVANTAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada UMKM Kuliner di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Manajemen_30402100017_fullpdf.pdf] Text
Manajemen_30402100017_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Manajemen_30402100017_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Manajemen_30402100017_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (510kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM kuliner di Kota Semarang dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi. Digital marketing dianggap mampu memperluas jangkauan pasar serta membangun interaktivitas dan kepercayaan konsumen secara efektif. Inovasi produk menjadi kunci dalam menciptakan diferensiasi dan nilai tambah yang unik sehingga memperkuat posisi kompetitif UMKM. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei dan pengumpulan data melalui kuesioner yang diisi oleh 100 pelaku UMKM kuliner di Kota Semarang. Analisis data dilakukan dengan model regresi berganda dan uji mediasi Sobel. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa digital marketing dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Selanjutnya, digital marketing, inovasi produk, dan keunggulan bersaing juga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Peran keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi juga terbukti signifikan dalam menghubungkan digital marketing dan inovasi produk dengan kinerja pemasaran. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan strategi digital marketing yang interaktif, kredibel, serta inovasi produk yang konsisten dan sesuai tren pasar sangat penting untuk memperkuat keunggulan bersaing dan meningkatkan performa pemasaran UMKM kuliner di Kota Semarang. Implikasi praktis penelitian ini memberikan rekomendasi bagi UMKM untuk mengoptimalkan pemanfaatan digital marketing dan inovasi produk guna memperkuat daya saing dan pertumbuhan bisnis.
Kata kunci: Digital Marketing, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran, UMKM Kuliner

Dosen Pembimbing: Ahmadi, Hanif | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Nov 2025 08:33
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43353

Actions (login required)

View Item View Item