Khumalasari, Indah (2025) PENGARUH SOCIAL SUPPORT, SERVICE SECURITY, INFORMATION QUALITY, PERCEIVED EASE TO USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP TRUST DAN REPURCHASE INTENTION PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE STUDI PADA MAHASISWA UNISSULA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sutan Agung Semarang.

[thumbnail of Manajemen_30402100123_fullpdf.pdf] Text
Manajemen_30402100123_fullpdf.pdf

| Download (5MB)
[thumbnail of Manajemen_30402100123_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Manajemen_30402100123_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (145kB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari dukungan sosial, jaminan keamanan layanan, mutu informasi, persepsi terhadap kemudahan operasional, serta persepsi terhadap kebermanfaatan dalam membentuk kepercayaan dan kecenderungan melakukan pembelian ulang oleh pengguna aplikasi Shopee. Fokus utamanya adalah menilai bagaimana peran dukungan dari lingkungan sosial, persepsi terhadap keamanan transaksi, keandalan informasi yang disediakan, kemudahan penggunaan, serta kegunaan aplikasi dalam membentuk rasa percaya, yang pada akhirnya mendorong keputusan pengguna untuk kembali melakukan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) di Semarang, dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian bersifat eksplanatif. Sebanyak 200 responden dipilih secara selektif menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui penyebaran angket kepada responden, lalu dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear ganda serta pengujian peran mediasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kelima faktor tersebut berpengaruh nyata dalam membentuk tingkat keyakinan pengguna, dan kepercayaan tersebut menjadi faktor penentu dalam membangun intensi pembelian ulang di platform tersebut. Temuan ini menegaskan pentingnya kepercayaan sebagai variabel mediasi dalam membangun niat beli ulang di platform e-commerce. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pelaku e-commerce seperti Shopee agar lebih fokus pada faktor-faktor psikologis dan fungsional pengguna untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Social Support, Service Security, Information Quality, Perceived Ease to Use, Perceived Usefulness, Trust, Repurchase Intention.

Dosen Pembimbing: Hendar, Hendar | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Nov 2025 08:48
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43344

Actions (login required)

View Item View Item