MUSRI”AN, MUSRI”AN (2025) PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI MODEL COACHING DENGAN ALUR TIRTA DI SDN BRINGIN 02 KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Manajemen_20402400614_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Manajemen_20402400614_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan peningkatan kinerja guru melalui supervisi model coaching dengan alur TIRTA. (2) untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan peningkatan kinerja guru melalui supervisi model coaching dengan alur TIRTA. (3) untuk mengetahui dan menganalisis evaluasi peningkatan kinerja guru melalui supervisi model coaching dengan Alur TIRTA di SDN Bringin 02 Kota Semarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus. Desain penelitian kualitatif melalui tiga tahapan yaitu: orientasi, eksplorasi fokus, dan analisis data. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan.
Hasil penelitian yaitu (1) perencanaan dilakukan dengan membentuk tim penanggungjawab peningkatan kinerja guru dengan memilih guru yang memiliki kompetensi kepemimpinan instruksional, keterampilan komunikasi efektif, dan pengalaman profesional sebagai coach. Kemudian kepala sekolah menetapkan program peningkatan kinerja guru berdasar pada hasil evaluasi kinerja guru serta kepala sekolah melakukan sosialisasi program dengan mengadakan pertemuan dengan semua guru. (2) Pelaksanaan dilakukan dengan memberikan pengarahan dan motivasi kepada semua guru diberikan saat rapat dewan guru, workshop pengembangan profesional. Dalam pelaksanaan kepala sekolah melakukan tiga kegiatan yaitu pra observasi, observasi dan pasca observasi yang menunjukkan hasil guru lebih reflektif, kolaborasi antar guru meningkat. Terjadi peningkatan antusiasme dalam mengikuti pengembangan diri. Guru semakin terbuka dan tidak canggung lagi dalam menyampaikan kekurangan. Guru merasakan adanya peningkatan keterampilan pedagogis, menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. (3) Evaluasi dilakukan dengan menyampaikan hasil evaluasi secara terbuka, memberikan apresiasi. Kepala sekolah menggunakan hasil evaluasi untuk menyusun program coaching berikutnya. Kepala sekolah memfasilitasi sharing session, memberikan penghargaan atau pengakuan kepada guru.
Simpulan peningkatan kinerja guru melalui supervisi model coaching dengan alur TIRTA telah dilakukan melalui tiga langkah kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penulis menyarankan agar kepala sekolah lebih memperhatikan dalam hal perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Guru diharuskan untuk selalu siap dalam pelaksanaan kegiatan.
Kata kunci: Kinerja Guru, Supervisi, Coaching Alur TIRTA
| Dosen Pembimbing: | Nugroho, Marno | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 09:04 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43333 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
