SAFARUDIN, SAFARUDIN (2025) MANAJEMEN PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SMPN 3 TANA TIDUNG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Manajemen_20402400597_fullpdf.pdf] Text
Magister Manajemen_20402400597_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20402400597_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20402400597_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (281kB)

Abstract

Manajemen peningkatan kinerja guru semakin tinggi seiring dengan implementasi Kurikulum Merdeka yang menuntut fleksibilitas, kreativitas, dan kompetensi profesional guru dalam merancang serta melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dalam konteks ini, peran manajerial sekolah sangat penting untuk memastikan guru mampu beradaptasi terhadap tuntutan kurikulum baru, khususnya di wilayah 3T seperti Kabupaten Tana Tidung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen peningkatan kinerja guru, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya, serta mengungkap strategi yang diterapkan sekolah dalam mengatasi kendala pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMPN 3 Tana Tidung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini, yaitu sumber data primer dan sekunder. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, koordinator kurikulum, dan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, sementara analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen peningkatan kinerja guru dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang saling terintegrasi. Faktor pendukungnya antara lain kepemimpinan kepala sekolah yang partisipatif, budaya kerja kolaboratif, serta dukungan kebijakan pendidikan. Sementara itu, hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan fasilitas, tingkat pemahaman guru terhadap Kurikulum Merdeka yang belum merata, serta minimnya pendampingan yang berkelanjutan. Strategi yang diterapkan sekolah mencakup penguatan komunitas belajar guru, pelatihan internal, supervisi reflektif, serta penyesuaian program kerja sekolah dengan kebutuhan aktual guru. Temuan ini mempertegas pentingnya pendekatan manajerial yang komprehensif dan kontekstual dalam mendukung keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka di daerah 3T.
Kata Kunci: kinerja guru, kurikulum merdeka, manajemen

Dosen Pembimbing: Sumiati, Siti | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Nov 2025 09:25
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43325

Actions (login required)

View Item View Item