Nasrullah, Nasrullah (2025) STRATEGI PEMASARAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN SANTRI BARU. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Manajemen_20402400572_fullpdf.pdf] Text
Magister Manajemen_20402400572_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20402400572_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20402400572_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (622kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan dalam meningkatkan jumlah santri baru di Pondok Pesantren Hidayatul Musthafawiyah. Pondok Pesantren Hidayatul Musthafawiyah merupakan salah satu Pondok Pesantren Salafiyah/Kitab Kuning yang berada di Kabupaten Muara-Bungo, Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-Studi Kasus dengan Analisi SWOT, digunakan untuk mengukur Kekuatan, Kelamahan, Peluang serta Ancaman yang akan dihadapi oleh Pesantren Hidayatul Musthafawiyah. Data didapatkan dengan melakukan Observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pondok Pesantren berada di tempat yang cukup strategis, Pesantren Salafiyah/kitab kuning yang memiliki pendidikan formal, namun pesantren tersebut memiliki kelemahan pada aspek teknologi dan manajemen, peluang bagi pesantren tersebut berasal dari tradisi masyarakat yang kuat dalam menyekolahkan anak ke lembaga pendidikan agama, sedangkan ancamannya adalah dari para pesaing, seperti pondok pesantren yang ada di sekitar pesantren tersebut, pesantren modern termasuk sekolah umum, ancaman lainnya adalah dengan adanya pengaruh negatif teknologi, media sosial dan judi online bagi remaja saat in yang menyebabkan ketergantungan mereka terhadap hal tersebut.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisi SWOT, Strategi Peningkatan, Pondok Pesantren

Dosen Pembimbing: Mulyana, Mulyana | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Nov 2025 03:41
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43311

Actions (login required)

View Item View Item