Rahmi, Atika Nur (2025) ANALISIS PENGARUH HALAL CERTIFICATE, HALAL PRODUCT KNOWLEDGE DENGAN HALAL AWARENESS DALAM MENINGKATKAN PURCHASE DECISION UMKM LUNPIA DI KOTA SEMARANG (Studi kasus pada konsumen Lunpia Cik Me Me di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Manajemen_30402000069_fullpdf.pdf] Text
Manajemen_30402000069_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Manajemen_30402000069_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Manajemen_30402000069_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (6MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim memiliki kebutuhan tinggi akan produk halal, termasuk pada UMKM kuliner seperti Lunpia di Semarang. Namun, belum semua pelaku usaha memiliki sertifikat halal, yang dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Halal Certificate dan Halal Product Knowledge terhadap Purchase Decision, dengan Halal Awareness sebagai variabel moderasi. Studi ini dilakukan pada konsumen Lunpia Cik Me Me di Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan explanatory research. Studi dilakukan pada 100 konsumen Muslim Lunpia Cik Me Me menggunakan metode kuantitatif dan analisis PLS-SEM. Hasil menunjukkan bahwa Halal Certificate dan Halal Product Knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision, dan Halal Awareness juga terbukti mampu memoderasi pengaruh antara Halal Certificate dan Halal Product Knowledge terhadap Purchase Decision. Penelitian ini menunjukkan pentingnya strategi edukasi dan komunikasi nilai-nilai halal dalam meningkatkan daya saing UMKM halal. Penelitian ini memiliki keterbatasan karena hanya dilakukan pada satu merek dan satu daerah, serta respondennya hanya dari kalangan konsumen Muslim, sehingga hasilnya belum bisa mewakili secara luas. Keunikan penelitian ini adalah menguji peran Halal Awareness sebagai variabel moderasi, yang masih jarang diteliti dalam konteks UMKM kuliner lokal seperti Lunpia Semarang.
Kata Kunci: Halal Certificate, Halal Product Knowledge, Halal Awareness, Purchase Decision, UMKM, Lunpia.

Dosen Pembimbing: Amilahaq, Farikha | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Nov 2025 01:37
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43297

Actions (login required)

View Item View Item