Hendra, Hendra (2025) Keun.gulan Posisional, Pilihan Konsumen terhadap Beras Nasional Indonesia SPHP Dibanding Beras Lokal, dan Kemampuan Pemasaran Dinamis terhadap Kinerja Pemasaran: Studi Kasus Pada Pelaksanaan Kegiatan Gerakan Pangan Murah Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Manajemen_20402400535_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Manajemen_20402400535_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pemasaran dan pertumbuhan ekonomihijauhttps://docs.google.com/document/d/1poumhHqwg0MXUYfPE7Nw7Ek401jAXCdx146zYpGud9U/edit?usp=drivesdk terhadap kinerja pemasaran dalam pelaksanaan program Gerakan Pangan Murah (GPM) di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat. Kajian ini secara spesifik menyoroti keunggulan posisi, pengaruh segmentasi pasar, dan keunggulan bersaing antara beras nasional Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dan beras lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran (Mixed Methods) dengan metode kuantitatif sebagai metode utama untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan melalui analisis statistik terhadap data yang dikumpulkan dari populasi atau sampel yang relevan. Metode kualitatif digunakan sebagai metode pendukung untuk memperdalam pemahaman mengenai fenomena yang terjadi, termasuk perbedaan e beli masyarakat terhadap beras nasional SPHP dan beras lokal. Penelitian ini juga mengidentifikasi variabel-variabel berpengaruh dan variabel perantara yang relevan dengan target kinerja dalam rencana aksi program GPM sebagai bentuk intervensi terhadap strategi pemasaran. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan solusi dan rekomendasi strategis bagi Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program GPM, termasuk dalam hal kegiatan penjualan, seleksi beras lokal, kualitas dan kuantitas produk, serta mengatasi potensi kesenjangan (gap) dalam pencapaian target kinerja. Penelitian ini juga mempertimbangkan perspektif Maqoshid Syari'ah (pengelolaan kekayaan) dalam konteks penggunaan anggaran negara serta pentingnya ikhtiar, kehati-hatian, dan evaluasi dalam pengambilan keputusan.
Kata Kunci: Orientasi Pemasaran, Pertumbuhan Ekonomi Hijau, Kinerja Pemasaran, Gerakan Pangan Murah, Beras Nasional SPHP, Beras Lokal, Metode Campuran.
| Dosen Pembimbing: | Nurcholis, Lutfi | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 02:05 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43284 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
