FATKHUSYSYARIF, M (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN RESKILLING PENDIDIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK MA DARUL ULUM WATES NGALIYAN KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Manajemen_20402400521_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Manajemen_20402400521_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh fluktuitas mutu akademik mupun non akademik pesera didik, input siswa yang yang heterogen dan tidak semua memilik kemampuan di bidang pendidikan agama Islam dan output nilai prestasi yang kurang menggambarkan adanya manajemen SDM Pendidik yang kurang baik dalam mengembangkan mutu akademik dan non akademik MA Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang. Agar bisa menjadikan pendidikan yang berkualitas maka reskilling pendidik perlu diorganisasikan dalam suatu kesatuan dengan dikerjakan dan diarahkan untuk mencapai tujuan dalam untuk meningkatkan mutu peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan antara lain: metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Terkumpulnya data akan dianalisis mempergunakan tehnik analisis Data Collection Data Reduction Data Display, dan Verification Data / Conclusion Drawing.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi manajemen reskilling pendidik di MA Darul Ulum Wates Ngaliyan Kota Semarang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, aktualisasi, dan evaluasi yang terstruktur, dengan pelatihan dibagi menjadi tiga tahap: jangka pendek, menengah, dan panjang. Program ini menggabungkan teknologi, soft skills, dan kepemimpinan, serta melibatkan berbagai pihak dalam pengorganisasian. Evaluasi dilakukan melalui rapat internal, observasi kelas, dan evaluasi pribadi untuk memastikan relevansi pelatihan. Pengawasan berfokus pada penerapan teknologi dan pengelolaan kelas. 2) Implementasi manajemen reskilling pendidik di MA Darul Ulum Wates Ngaliyan Kota Semarang didukung oleh komitmen manajemen yang kuat, keterlibatan Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan Kesiswaan, serta pelatihan berkelanjutan. Pemanfaatan teknologi, evaluasi rutin, pengorganisasian sumber daya yang efektif, dan motivasi pendidik juga memperkuat keberhasilan program. Pendekatan holistik yang mencakup pengembangan soft skills menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik. 3) Implikasi implementasi program reskilling di MA Darul Ulum Wates Ngaliyan meningkatkan kompetensi pendidik melalui pelatihan teknologi dan metode inovatif, yang berdampak positif pada kualitas pengajaran, pengelolaan kelas, serta prestasi akademik dan non- akademik siswa.
Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Reskilling Pendidik, Mutu Peserta Didik
| Dosen Pembimbing: | Nugroho, Marno | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 06:32 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43274 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
