ADAM, AMBO (2025) PERAN PARKSERV DAN BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS DENGAN MEDIASI KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DAN RAWAT INAP DI RSUD DR. M.M. DUNDA LIMBOTO. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Manajemen_20402400481_fullpdf.pdf] Text
Magister Manajemen_20402400481_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20402400481_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20402400481_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (227kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Parkserv (Service Quality) dan Brand Trust terhadap Loyalitas Pasien dengan Kepuasan sebagai variabel mediasi pada pasien rawat jalan dan rawat inap di RS MM Dunda Limboto. Parkserv sebagai indikator kualitas layanan memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk persepsi pasien terhadap rumah sakit, sementara kepercayaan terhadap merek menjadi fondasi penting dalam menciptakan hubungan jangka panjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS- SEM). Data dikumpulkan melalui kuesioner terhadap 100 responden yang terbagi 2 bagian dianataranya pasien rawat jalan dan rawat inap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Parkserv berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pasien namun tidak berpengaruh langsung terhadap Loyalitas. Brand Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan dan Loyalitas. Kepuasan pasien berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas, serta memediasi hubungan Parkserv dan Brand Trust terhadap Loyalitas.Implikasi manajerial dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen rumah sakit perlu memprioritaskan peningkatan kualitas layanan yang dirasakan pasien, termasuk aspek Parkserv seperti kenyamanan fasilitas fisik, keramahan petugas, dan efisiensi pelayanan. Selain itu, penguatan Brand Trust melalui konsistensi mutu pelayanan, reputasi positif, dan komunikasi efektif akan meningkatkan kepuasan sekaligus mendorong loyalitas pasien. Strategi terpadu yang menggabungkan peningkatan kualitas layanan dan pengelolaan citra merek diharapkan mampu mempertahankan serta meningkatkan jumlah pasien secara berkelanjutan.
Kata Kunci: Parkserv, Brand Trust, Kepuasan Pasien, Loyalitas, RS MM Dunda Limbot

Dosen Pembimbing: Asyhari, Asyhari | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 12 Nov 2025 01:59
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43250

Actions (login required)

View Item View Item