OKTAVIANTI, RENITA IKKE (2025) PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PLATFORM E-COMMERCE BLIBLI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Manajemen_20402400434_fullpdf.pdf] Text
Magister Manajemen_20402400434_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20402400434_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20402400434_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (390kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganaisis pengaruh digital marketing dan e-service quality terhadap repurchase intention dengan brand image sebagai variabel mediasi pada platform e-commerce Blibli. Penelitian dilatarbelakangi oleh belum optimalnya jumlah kunjungan pengguna Blibli meskipun strategi digital marketing telah diterapkan secara masif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner terhadap 100 responden yang telah melakukan pembelian ulang di Blibli, dan dianalisis menggunakan teknik Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) digital marketing dan (2) e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, (3) digital marketing dan (4) e-service quality juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, (5) brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, serta (6) brand image memediasi secara signifikan hubungan antara digital marketing dan repurchase intention, dan (7) antara e-service quality dan repurchase intention. Temuan ini memberikan kontribusi teoretis pada pengembangan model perilaku konsumen berbasis pendekatan Technology Acceptance Model (TAM), serta implikasi praktis bagi pengelolaan strategi digital marketing dan e-service quality. Fokus pada platform Blibli yang relatif jarang menjadi objek kajian, serta penggunaan brand image sebagai variabel mediasi, menjadikan penelitian ini memberikan perspektif baru dalam konteks e-commerce di Indonesia.

Kata kunci: digital marketing; e-service quality; brand image; repurchase intention; e-commerce; TAM

Dosen Pembimbing: Nugroho, Marno | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Nov 2025 08:47
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43203

Actions (login required)

View Item View Item