Rahmawati, Maulynda Arifah (2025) PENGARUH INTERNAL MARKETING PADA JOB SATISFACTION DAN PERCEIVED SERVICE QUALITY DI LINGKUNGAN KANTOR WILAYAH DJP JAWA TENGAH II. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Manajemen_20402400415_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Manajemen_20402400415_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh internal marketing terhadap job satisfaction dan perceived service quality pada pegawai di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II. Internal marketing dianggap sebagai strategi utama dalam memotivasi dan memberdayakan pegawai agar mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei serta pengambilan sampel stratified random sampling pada
174 pegawai di enam Kantor Pelayanan Pajak wilayah Solo Raya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model persamaan struktural untuk menguji keterkaitan antar variabel penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa internal marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap job satisfaction dan perceived service quality. Selain itu, job satisfaction juga memberikan pengaruh positif terhadap perceived service quality. Pegawai yang mendapatkan pelatihan, penghargaan, komunikasi yang efektif, serta kewenangan dalam pengambilan keputusan menunjukkan peningkatan job satisfaction yang berimplikasi pada peningkatan kualitas layanan kepada Wajib Pajak. Skor rata-rata pada indikator internal marketing adalah 4,167, job satisfaction 3,908, dan perceived service quality 4,220, menandakan tingkat yang tinggi pada ketiga variabel tersebut. Penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan internal marketing untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, meningkatkan motivasi, dan memperkuat keterikatan pegawai terhadap organisasi sehingga berdampak positif pada kualitas pelayanan publik. Oleh karena itu, disarankan untuk memperkuat program internal marketing yang berfokus pada pengembangan sumber daya manusia, komunikasi yang efektif, dan sistem penghargaan yang adil demi mendukung peningkatan kinerja pegawai dan pelayanan kepada masyarakat.
Kata kunci: internal marketing, kepuasan kerja, kualitas layanan, Direktorat Jenderal
Pajak, pelayanan publik
| Dosen Pembimbing: | Sumiati, Siti | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 07:29 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/43177 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
