ROSHIANY, CHIRA (2025) STRATEGI BISNIS PENINGKATAN DAYA SAING BATIK SEKARMULYO. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Manajemen_20402300188_fullpdf.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300188_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20402300188_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300188_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (24kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi bisnis dalam meningkatkan daya saing Batik Sekarmulyo, sebuah usaha batik tulis yang beroperasi di Kabupaten Rembang. Permasalahan yang dihadapi meliputi keterbatasan inovasi produk, kurang optimalnya pemasaran digital, serta persaingan dengan produsen batik lain. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif, melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang perlu dikembangkan adalah inovasi desain produk dengan mengangkat kearifan lokal, optimalisasi promosi melalui media sosial, peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan, serta penguatan jaringan pemasaran. Implementasi strategi ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing Batik Sekarmulyo, memperluas pangsa pasar, serta mendukung pelestarian budaya batik di Indonesia.

Kata Kunci: strategi bisnis, daya saing, batik

Dosen Pembimbing: Khajar, Ibnu | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2025 03:06
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42794

Actions (login required)

View Item View Item