WAHYUDI, WAHYUDI (2025) PENINGKATAN BUSINESS PERFORMANCE MELALUI MASLAHAH RELATIONSHIP MARKETING. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Doktor Ilmu Manajemen_10402200023_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Doktor Ilmu Manajemen_10402200023_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengatasi ketidakkonsistenan temuan sebelumnya mengenai pengaruh Entrepreneurial Orientation (EO) terhadap kinerja bisnis dengan mengintegrasikan konsep Maslahah Relationship Marketing (MRM). EO diposisikan sebagai anteseden yang merefleksikan perilaku proaktif dan inovatif perusahaan dalam membangun keunggulan bersaing. MRM dikembangkan sebagai penguatan konsep relationship marketing konvensional melalui dimensi maslahah, yaitu orientasi pada kemanfaatan komprehensif bagi seluruh pihak, baik secara ekonomi, etika, maupun keberlanjutan. Kerangka penelitian didasarkan pada Resource-Advantage Theory dan Market-Based Assets yang menekankan pentingnya kapabilitas relasional dalam memperkuat daya saing jangka panjang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei terhadap mitra pemasaran perusahaan pengolahan produk perkebunan. Variabel MRM diukur melalui lima dimensi: Rational Trust, Consistent Commitment, Effective Communication, Holistic Competence, dan Holistic Empathy. Analisis data dilakukan dengan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS- SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa EO berpengaruh positif terhadap MRM, dan selanjutnya MRM berpengaruh signifikan terhadap Business Performance (kinerja bisnis) baik secara langsung maupun melalui loyalitas mitra. Dimensi effective communication dan holistic competence menjadi determinan utama dalam memperkuat hubungan jangka panjang.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi EO dan MRM memberikan kontribusi teoritis dalam memperluas konsep pemasaran relasional serta kontribusi praktis bagi perusahaan dalam membangun keunggulan kompetitif yang etis, berkelanjutan, dan berorientasi pada maslahah.
Kata kunci : Entrepreunerial Orientation, Maslahah Relationship Marketing, Rational Trust, Consistent Commitment, Effective Communication, Holistic Competence, Holistic Empathy, Business Performance
| Dosen Pembimbing: | Sulistyo, Heru and Wikaningrum, Tri | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Doctoral) |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Disertasi Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Disertasi Program Doktor Ilmu Manajemen |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 04:12 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
