Heriyawan, Mohammad Sapta (2025) MAHABBAH BONDING CAPABILITY MENUJU KINERJA PEMASARAN KELOMPOK USAHA BERSAMA NELAYAN JAWA TENGAH. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Doktor Ilmu Manajemen_10402200015_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Doktor Ilmu Manajemen_10402200015_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) yang bertujuan untuk menguji hubungan antar variabel Mahabbah Bonding Capability (MBC),Value Co-Creation dan Marketing Performance. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) sektor perikanan tangkap di wilayah Provinsi Jawa Tengah, dengan populasi sebanyak 1.494 KUB dan sampel sebanyak 215 responden. Jumlah sampel tersebut telah memenuhi persyaratan minimal dalam Covariance-Based Structural Equation Modelling (CB-SEM). Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling, karena populasi bersifat heterogen. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak AMOS versi 26.0 dengan pendekatan SEM.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa Mahabbah bonding capability berpengaruh positif dan signifikan terhadap value co-creation. Selain itu, Mahabbah bonding capability juga terbukti secara langsung meningkatkan kinerja pemasaran. Selanjutnya, value co-creation turut memberikan dampak positif dan signifikan terhadap marketing performance, yang menegaskan peran strategis keterikatan relasional berbasis nilai dalam mendorong efektivitas pemasaran.
Penelitian ini mengimplikasikan bahwa rangkaian hubungan antar dimensi bonding capability memperlihatkan proses penguatan hubungan KUB dengan konsumen yang terjadi saling memperkuat, dengan pengenalan (ta’aruf), pemahaman (tafahum), kerja sama (ta’awun), hingga kepercayaan dan perlindungan (tafakul) secara berkelanjutan merupakan kunci dalam membangun hubungan bernilai yang berdampak langsung terhadap keberhasilan penciptaan nilai bersama dan pemasaran KUB.
Kata Kunci : Mahabbah Bonding Capability; Value Co-Creation; Marketing Performance.
| Dosen Pembimbing: | Ratnawati, Alifah and Mulyana, Mulyana | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Doctoral) |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Disertasi Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Disertasi Program Doktor Ilmu Manajemen |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 04:18 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
