KARTOMO, THOMAS K (2025) Efektifitas Penggunaan Analogi Dalam Pembelajaran Gagasan Abstrak Pada Pelajaran Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Jaya Kusuma Tangerang Selatan. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400612_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400612_fullpdf.pdf

| Download (22MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400612_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400612_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (246kB)

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas penggunaan analogi dalam pembelajaran konsep abstrak pada pelajaran agama Islam, dengan fokus pada peningkatan pemahaman dan motivasi siswa. Metodologi penelitian ini melibatkan analisis kuantitatif dan kualitatif. Sebanyak 50 siswa mengikuti survei pretest dan posttest untuk menilai perubahan dalam pemahaman dan motivasi setelah implementasi pembelajaran berbasis analogi.
Hasil analisis kuantitatif menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa setelah penggunaan analogi. Pada pretest, kategori "Setuju" dan "Sangat Setuju" mengenai pemahaman dan keterlibatan siswa berada di angka 29.1% dan 25.2%. Setelah intervensi, posttest menunjukkan peningkatan ke 39.72% dan 32.06% masing-masing, yang mengindikasikan bahwa analogi berfungsi sebagai alat pembelajaran yang efektif. Kategori lain seperti "Sangat Tidak Setuju" dan "Tidak Setuju" mengalami penurunan, menunjukkan bahwa lebih banyak siswa merasa nyaman dengan materi setelah intervensi.
Pendekatan kualitatif dilakukan melalui wawancara dengan guru dan kepala sekolah, yang memberikan wawasan mendalam tentang penerapan analogi dalam pengajaran. Guru melaporkan bahwa penggunaan analogi personal, yang mengaitkan pelajaran dengan pengalaman sehari-hari siswa, sangat efektif dalam memudahkan pemahaman dan meningkatkan motivasi. Siswa menjadi lebih aktif dalam bertanya dan berdiskusi ketika konsep abstrak dijelaskan melalui analogi yang relevan.
Namun, tantangan dalam penggunaan analogi termasuk memastikan bahwa analogi yang digunakan tepat dan tidak menyesatkan. Guru mengatasi tantangan ini dengan persiapan matang dan meminta umpan balik dari siswa. Kepala sekolah mendukung inisiatif ini dengan menyediakan pelatihan dan sumber daya yang diperlukan, memastikan bahwa metode ini dapat diimplementasikan secara efektif dan berkelanjutan.
Analisis ini menunjukkan bahwa penggunaan analogi tidak hanya membantu dalam menjembatani kesenjangan antara konsep abstrak dan pemahaman siswa, tetapi juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Anologi memungkinkan siswa untuk menginternalisasi dan mengaitkan pengetahuan baru dengan pengalaman nyata mereka, menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan suportif.
Penelitian ini menyoroti potensi besar dari integrasi analogi dalam kurikulum pendidikan agama Islam, terutama dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan analitis siswa. Dengan dukungan yang tepat, penggunaan analogi dapat terus berkembang sebagai strategi pembelajaran yang efektif. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk mengeksplorasi variasi dalam penggunaan analogi dan dampak jangka panjangnya terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Anologi, pembelajaran abstrak, pendidikan agama Islam, motivasi belajar, pemahaman konsep.

Dosen Pembimbing: Madrah, Muna Yastuti and Tjahjono, Ali Bowo | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 Oct 2025 06:54
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42731

Actions (login required)

View Item View Item