SUNOTO, SUNOTO (2025) PENGARUH MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA DI SMK NU 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400585_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400585_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan dua mata pelajaran yang sangat penting dalam pembentukan karakter siswa. Keduanya memiliki tujuan untuk menanamkan nilai-nilai moral, etika, dan penguatan spiritual dalam diri siswa. Oleh karena itu, penggunaan YouTube sebagai sarana pembelajaran menjadi penting untuk dipertimbangkan, karena platform ini memberikan peluang bagi siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik melalui video yang bersifat visual dan interaktif. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah 1. Apakah penggunaan media sosial YouTube berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK NU 1 Adiwerna ?; 2.Sejauh mana media sosial YouTube dapat menjadi alat bantu pembelajaran yang efektif bagi siswa di SMK NU 1 Adiwerna ?
Penelitian ini bertujuan: 1.Mengidentifikasi pengaruh penggunaan YouTube terhadap prestasi belajar siswa dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK NU 1 Adiwerna; 2. Mengetahui apakah ada hubungan signifikan antara frekuensi penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran dengan peningkatan prestasi belajar siswa.di SMK NU 1 Adiwerna
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa : 1. Penggunaan YouTube untuk belajar memiliki pengaruh negatif terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran PAIBP. Koefisien regresi -0,070 menunjukkan bahwa setiap menyatakan bahwa setiap penambahan 1% penggunaan media sosial YouTube maka nilai prestasi belajar PAIBP berkurang sebesar 0,070; 2. R Square sebesar 0,026, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (penggunaan media sosial YouTube ) terhadap variabel terikat ( prestasi belajar Mata Pelajaran PAIBP) sebesar 2,6%. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan YouTube terhadap prestasi belajar PAIBP sangat kecil. Hasil ini mendukung hipotesis nihil (H0) yang diajukan dalam penelitian ini, yaitu bahwa penggunaan YouTube tidak dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata kunci : Media Sosial Youtube, Prestasi Belajar Peserta Didik
| Dosen Pembimbing: | Muchtar, Asmaji and Makhshun, Toha | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 06:49 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42723 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
