Jaenab, Siti (2025) Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di MTs Pondok Pesantren Modern Darussalam Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400553_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400553_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Riset ini bertujuan guna menganalisa tindakan Prosedur Belajar Merdeka dalam menaikkan kadar Pendidikan Agama Islam di MTs Pondok Pesantren Modern Darussalam Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, dengan fokus pada perluasan segi kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa didik. Latar belakang riset ini didasarkan pada keperluan akan prosedur belajar yang lebih bermakna, holistik, dan berorientasi pada penguatan karakter dengan persfektip prosedur belajar yang fleksibel, mandiri, dan situasitual. Riset ini memakai persfektip kualitatif deskriptif dengan cara penghimpunan data dengan observasi, tanya jawab mendalam, dan dokumentasi. analisa data dikerjakan memakai pola interaktif Miles dan Huberman yang mengkover prosedur pengurangan data, pemaparan data, dan verifikasi/penarikan simpulan.
Hasil riset menampakkan bahwa prosedur belajar Merdeka memberikan ruang lebih luas bagi guru Pendidikan Agama Islam guna mengembangkan potensi siswa didik secara menyeluruh. Dari segi kognitif, siswa menampakkan peningkatan dalam perbedaan pandang konsep-konsep keislaman secara mendalam dan mampu mengaitkannya dengan isu-isu aktual. Dari sisi afektif, terjadi penguatan karakter religius, sikap toleransi, dan tanggung jawab sosial yang ditanamkan dengan prosedur belajar yang bernuansa nilai. Sementara pada segi psikomotorik, siswa dilatih guna mengaplikasikan nilai-nilai keagamaan dalam praktik kehidupan sehari-hari dengan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan kegiatan keagamaan di lingkungan madrasah. Meskipun demikian, masih ditemukan tantangan dalam segi perencanaan dan ketersediaan media ajar digital yang mendukung prosedur belajar berdiferensiasi. riset ini merekomendasikan peningkatan kompetensi guru, penyediaan sarana prasarana digital, serta penguatan kolaborasi antara madrasah dan orang tua sebagai upaya optimalisasi tindakan prosedur belajar Merdeka dalam menaikkan kadar Pendidikan Agama Islam secara menyeluruh.
Kata kunci: Prosedur Belajar Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Segi Kognitif, Afektif, Psikomotorik, Kadar Pendidikan
| Dosen Pembimbing: | Muchtar, Asmaji and Makhshun, Toha | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 06:59 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42714 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
