RIYANTO, RIYANTO (2025) IMPLEMENTASI NILAI UKHUWAH ISLAMIYAH DAN BASYARIYAH DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PERAN GURU KE-NU-AN DI MTs MA'ARIF AMBARWINANGUN, AMBAL, KEBUMEN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400515_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400515_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji implementasi nilai-nilai Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Basyariyah melalui peran Guru Ke-NU-an di MTs Ma'arif Ambarwinangun, Ambal, Kebumen. Nilai Ukhuwah Islamiyah menekankan persaudaraan antar sesama Muslim, sedangkan Ukhuwah Basyariyah mencakup persaudaraan antar umat manusia tanpa memandang latar belakang. Sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU), madrasah ini berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai ukhuwah melalui ajaran Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja). Studi ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus guna memperoleh pemahaman tentang aktivitas, strategi, serta tantangan dalam membangun harmoni sosial.
Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati interaksi dan kegiatan Guru Ke-NU-an, wawancara mendalam menggali informasi terkait strategi dan tantangan yang dihadapi, sementara dokumentasi mencakup kurikulum, rencana pembelajaran, dan bahan ajar yang relevan. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, yang dikombinasikan dengan triangulasi data dan metode untuk memastikan validitas dan kredibilitas temuan.
Studi ini membuktikan bahwa peran Guru Ke-NU-an sangat signifikan dalam menanamkan nilai ukhuwah melalui pembelajaran yang terstruktur, keteladanan, dan pendampingan Murid-murid dalam kegiatan keagamaan. Lingkungan madrasah yang kondusif, partisipasi aktif Murid-murid, serta dukungan dari keluarga dan masyarakat turut mendukung penerapan nilai ukhuwah. Kendala seperti perbedaan latar belakang sosial budaya, pengaruh modernisasi, dan kurangnya pemahaman Murid-murid memerlukan pendekatan adaptif. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan pendidikan agama Islam yang mampu membangun generasi religius dengan nilai-nilai persaudaraan yang kuat.
| Dosen Pembimbing: | Muchtar, Asmaji and Makhshun, Toha | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:03 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
