Faedilah, Rifaldi (2025) KONSEP AKHLAK AHLUL QURAN PERSPEKTIF SYAIKH IMAM AL-AJURRI AL-BAGHDADI DALAM KITAB AKHLAQ AHLUL QUR'AN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400510_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400510_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400510_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400510_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (169kB)

Abstract

Pendidikan Islam kontemporer menghadapi tantangan fundamental dalam menyeimbangkan pencapaian akademik dan pembentukan karakter akhlak islami, dimana modernisasi cenderung mengabaikan dimensi akhlak sebagai fondasi kepribadian Muslim. Problematika ini diperparah oleh kesenjangan antara penguasaan teks Al-Qur’an dan internalisasi nilai-nilai akhlak pada Ahlul Qur’an, serta minimnya eksplorasi konsep akhlak berbasis warisan ulama klasik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan konsep Ahlul Qur’an perspektif Syaikh Imam Al-Ajurri Al-Baghdadi, (2) mengidentifikasi karakteristik akhlak yang harus dimiliki Ahlul Qur’an, dan (3) menganalisis relevansi konsep tersebut bagi pengembangan lembaga pendidikan Islam dan pesantren tahfidz Al-Qur’an.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi pustaka (library research) dengan desain analisis konten. Sumber data primer berupa kitab Akhlaq Ahlul Qur’an karya Imam Al-Ajurri, sedangkan sumber sekunder meliputi karya Al-Ajurri lainnya dan literatur pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui telaah dokumen, sedangkan analisis data mengikuti prosedur reduksi teks, interpretasi hermeneutis, dan verifikasi koherensi internal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Ahlul Qur’an menurut Al-Ajurri adalah orang-orang yang menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup mereka, yang tidak hanya membaca dan menghafalnya, tetapi juga memahami, mengamalkan, mengajarkannya dan menjadikannya sebagai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Karakteristik akhlaknya terbagi dalam empat dimensi: 1). Spiritual: Ketakwaan, orientasi keridhaan Allah ﷻ, muhasabah, anti-kesombongan, dan penggunaan Al-Qur’an sebagai cermin evaluasi diri. 2). Sosial: Kepekaan dakwah, kehati-hatian bertutur kata, silaturahmi, serta etika berbakti kepada orang tua dan bermasyarakat. 3). Personal: Kontrol emosi, penjagaan anggota tubuh dari dosa, kesederhanaan hidup, dan penolakan eksploitasi Al-Qur’an untuk kepentingan duniawi. 4). Intelektual: Pengamalan kewajiban berbasis ilmu, konsistensi adab, dan kesadaran akan konsekuensi kelalaian. Konsep ini relevan sebagai solusi untuk: (1) mengintegrasikan kurikulum tahfidz dengan pembinaan akhlak di pesantren, (2) memperkuat keteladanan pendidik (uswah), dan (3) mengembangkan sistem evaluasi multidimensi (tahsin, tafahhum, tathbiq) di lembaga pendidikan Islam dan Pesantren Tahfidz.
Kata Kunci: Akhlak Ahlul Qur’an, Imam Al-Ajurri, Pendidikan Islam, Pesantren Tahfidz, Kitab Akhlaq Ahlul Qur’an.

Dosen Pembimbing: Madrah, Muna Yastuti and Tjahjono, Ali Bowo | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:04
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42703

Actions (login required)

View Item View Item