FARID, MOHAMAD (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MU'ADALAH DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI SANTRI ABAD 21 DI PONDOK PESANTREN ANNUR DARUNNAJAH 8 CIDOKOM. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400365_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400365_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400365_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400365_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (515kB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia, khususnya di pesantren, mengalami perkembangan signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Fokus utama terletak pada implementasi kurikulum Mu’adalah yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan pendidikan modern. Kurikulum ini bertujuan membentuk santri abad 21 yang memiliki pemahaman agama yang kuat serta keterampilan relevan dengan kebutuhan zaman, seperti kreativitas, pemikiran kritis, komunikasi, dan kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis implementasi kurikulum mu’adalah di Pesantren Annur Darunnajah 8 Cidokom dalam membentuk kompetensi santri abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 Cidokom telah mengimplementasikan kurikulum mu'adalah untuk membentuk kompetensi santri abad 21, dengan fokus pada pengembangan kreativitas, berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi. Pesantren menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti seni, musik, dan pramuka untuk mengembangkan kreativitas santri, serta debat, diskusi kelompok, dan kajian kitab kuning untuk melatih berpikir kritis. Keterampilan komunikasi juga diperkuat melalui muhadhoroh dan lomba public speaking, sementara kolaborasi didorong dengan melibatkan santri dalam pengelolaan acara dan musyawarah kerja.

Kata Kunci: Kurikulum Mu’adalah, Kompetensi Santri, Kompetensi Abad 21, Pesantren

Dosen Pembimbing: Kurniawan, M. Irfanudin and Irfan, Agus | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 Oct 2025 09:18
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42643

Actions (login required)

View Item View Item