MAHDALINA, MAHDALINA (2025) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR TANGGUNG JAWAB DAN DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI PROSES PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 7 MEDAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400320_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400320_fullpdf.pdf |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menipisnya nilai kejujuran, tanggung jawab, dan disiplin di kalangan siswa SMA Negeri 7 Medan. Pendidikan Agama Islam (PAI) dipandang sebagai sarana strategis untuk menanamkan karakter mulia sesuai uswah Hasanah Nabi Muhammad SAW. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi strategi guru PAI dalam membentuk karakter jujur, tanggung jawab, dan disiplin; serta faktor pendukung dan penghambat implementasinya. Pendekatan penelitian kualitatif- deskriptif diterapkan di SMA Negeri 7 Medan (Jalan Timor 36) antara April–Juni 2025. Populasi mencakup seluruh siswa kelas XI, dengan sampel utama kelas XI Sisingamangaraja. Data dikumpulkan lewat wawancara semi-terstruktur (guru, siswa, orang tua), observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Guru PAI menerapkan lima strategi utama:pembimbingan moral harian, keteladanan konsisten, pembiasaan terstruktur (cue–routine–reward), motivasi personal, dan metode interaktif (storytelling & audiovisual). Faktor pendukung meliputi lingkungan sekolah kondusif, motivasi intrinsik siswa, budaya karakter sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler. Sementara itu, beban kurikulum padat, distraksi media sosial, tekanan teman sebaya, inkonsistensi model perilaku, serta rasa takut siswa menjadi hambatan. Sekitar 78 % responden melaporkan peningkatan keberanian mengakui kesalahan, dan kepatuhan piket meningkat hingga 80 %.. Temuan menegaskan bahwa keberhasilan pembentukan karakter PAI bergantung pada sinergi antara kelima strategi guru dan ekosistem sekolah. Disarankan penguatan budaya karakter melalui program “Minggu Kejujuran”, pelibatan orang tua lewat “Daily Honesty Log”, serta workshop literasi media. Dengan mitigasi hambatan dan optimalisasi faktor pendukung, internalisasi nilai jujur, tanggung jawab, dan disiplin di SMA Negeri 7 Medan dapat terwujud secara berkelanjutan.
Kata Kunci : Strategi guru , karakter jujur tanggung jawab
Dosen Pembimbing: | Mujib, Ahmad and Susiyanto, Susiyanto | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 06:16 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |