SA’RONI, LIA SYUKRIYAH (2025) PENGARUH SPIRITUAL HYPNOTHERAPY DALAM MENGATASI ABUSIVE LANGUAGE PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 28 DEPOK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400302_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400302_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400302_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400302_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (143kB)

Abstract

Penelitian berlatarbelakang abusive language pada peserta didik SMPN 28 Depok yang disebabkan karena kurangnya pendidikan agama dan motif expletive (meluapkan emosi). Pendekatan spiritual digunakan untuk memperkuat nilai-nilai moral dan agama, selain itu alam bawah sadar siswa diakses dalam rangka memperbaiki pemikiran dan tingkah laku yang merugikan ke arah yang lebih positif sehingga spiritual hypnotherapy digunakan sebagai penanganan. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh penerapan spiritual hypnotherapy terhadap penurunan penggunaan bahasa kasar pada siswa SMP Negeri 28 Depok dan menganalisis faktor-faktor penentu tingkat keberhasilan spiritual hypnotherapy dalam mengurangi abusive language peserta didik SMP Negeri 28 Depok.
Menerapkan mixed-method yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, serta menggunakan eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Dalam penelitian terdapat dua kelompok, di mana kelompok eksperimen memperoleh perlakuan spiritual hypnotherapy, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Data dikumpulkan melalui tes, skala sikap, wawancara, dan observasi, kemudian dilakukan analisis deskriptif, uji homogenitas, uji normalitas, serta uji hipotesis untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai pengaruh perlakuan.
Hasil penelitian menunjukkan nilai p sebesar 0,026 (p < 0,05), yang menandakan perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Sehingga spiritual hypnotherapy berpengaruh signifikan terhadap pengurangan penggunaan abusive language peserta didik SMP Negeri 28 Depok. Diketahui pula, faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan spiritual hypnotherapy dalam mengatasi abusive language pada peserta didik SMP Negeri 28 Depok adalah afirmasi positif, sugesti positif, dan visualisasi.

Kata kunci: bahasa kasar, spiritual hypnotherapy, eksperimen semu.

Dosen Pembimbing: Choeroni, Choeroni and Muchtar, Asmaji | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 Oct 2025 06:19
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42592

Actions (login required)

View Item View Item