Utoyo, Lanang Heri (2025) PENERAPAN PENGHARGAAN (REWARD) DAN HUKUMAN (PUNISHMENT) DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AZ-ZIYADAH JAKARTA TIMUR. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400296_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400296_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan sistem penghargaan (reward) dan hukuman (punishment) dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Az-Ziyadah, Jakarta Timur. Kedisiplinan merupakan salah satu aspek utama dalam pembentukan karakter dan kepribadian santri, yang tidak hanya berfungsi sebagai aturan dalam kehidupan pesantren, tetapi juga sebagai bekal penting dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam lingkungan pesantren yang memiliki sistem pendidikan terpadu antara aspek keagamaan dan kedisiplinan, keberadaan reward dan punishment menjadi bagian dari strategi pendidikan yang penting untuk membentuk perilaku yang positif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dengan pengasuh, guru, dan santri, serta dokumentasi kegiatan harian di pondok pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk penghargaan dan hukuman yang diterapkan, bagaimana mekanisme penerapannya, serta dampaknya terhadap tingkat kedisiplinan santri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penghargaan diberikan dalam berbagai bentuk seperti pujian lisan, pemberian hadiah, penambahan tanggung jawab kepemimpinan, serta pengakuan prestasi di hadapan santri lain. Sementara itu, hukuman yang diterapkan bersifat edukatif dan tidak bersifat fisik, seperti tugas kebersihan tambahan, pembinaan khusus, hingga pengurangan hak-hak sementara. Keduanya diterapkan secara seimbang, dengan mempertimbangkan latar belakang pelanggaran serta karakter individu santri. Penerapan sistem ini ternyata mampu menciptakan lingkungan yang kondusif, membentuk rasa tanggung jawab, serta mendorong perubahan perilaku santri menuju arah yang lebih disiplin dan bertanggung jawab.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sistem penghargaan dan hukuman yang diterapkan secara adil, konsisten, dan edukatif dapat menjadi instrumen yang efektif dalam meningkatkan kedisiplinan santri. Keberhasilan sistem ini tidak lepas dari peran aktif para pengasuh dan tenaga pendidik dalam menjalankan fungsi pembinaan secara menyeluruh. Oleh karena itu, disarankan agar pesantren terus mengevaluasi dan mengembangkan sistem reward dan punishment sebagai bagian integral dari pendidikan karakter santri.
Kata Kunci: penghargaan, hukuman, kedisiplinan, santri, pendidikan karakter, pondok pesantren.
Dosen Pembimbing: | Madrah, Muna Yastuti and Tjahjono, Ali Bowo | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 06:21 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42590 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |