IRMAN, IRMAN (2025) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DIRUMAH QUR’AN AL-MUBAROK BEKASI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400259_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400259_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penerapan metode tahsin, metode tahfizh, dan metode tasmi’ dalam pembelajaran Al-Qur’an di Rumah Qur’an Al-Mubarok, Bekasi, serta pengaruhnya terhadap kemampuan baca, pencapaian hafalan, dan kepercayaan diri santri. Latar belakang penelitian adalah masih ditemukannya kelemahan dalam kelancaran bacaan, pemahaman tajwid, dan konsep evaluasi hafalan yang ada di beberapa lembaga pendidikan Al-Qur’an, sehingga Rumah Qur’an Al-Mubarok menerapkan tiga pendekatan metodologis untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pengelola (mudir), ustadz/muhafizh, dan santri aktif; analisis data dilakukan secara deskriptif.
Hasil menunjukkan bahwa: (1) tahsin dilaksanakan melalui tilawah mandiri, talaqqi (kelompok/individu) dan pembelajaran ilmu tajwid sehingga meningkatkan kualitas bacaan (2) tahfizh memadukan setoran hafalan (zīādah) dan murāja‘ah terstruktur untuk menjaga dan menambah hafalan; (3) tasmi’ dilaksanakan secara individu, kelompok, dan harian dan mingguan sebagai evaluasi yang memperkuat hafalan santri. Kombinasi metode tersebut berpengaruh pada kelancaran tilawah, peningkatan kuantitas hafalan, dan tumbuhnya rasa percaya diri, meskipun masih diperlukan pengaturan tasmi’ yang lebih terstruktur.
Kesimpulannya, penerapan metode tahsin, tahfizh, dan tasmi’ di Rumah Qur’an Al-Mubarok terbukti efektif secara kualitatif dalam meningkatkan kualitas bacaan dan hafalan santri, dengan rekomendasi penguatan struktur evaluasi, pelaksanaan murāja‘ah berkala, serta pengembangan modul bagi pemula.
Kata kunci: tahsin, tahfizh, tasmi’, Rumah Qur’an Al-Mubarok, pembelajaran Al-Qur’an.
Dosen Pembimbing: | Madrah, Muna Yastuti and Tjahjono, Ali Bowo | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 06:43 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |