KARTIPAH, IIP (2025) PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN SETU TANGERANG SELATAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400236_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400236_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400236_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400236_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemanfaatan teknologi digital oleh guru dan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar. Fokus kajian meliputi jenis media digital yang digunakan, metode pengajaran berbasis teknologi, serta intensitas penggunaannya dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, untuk memperoleh gambaran yang utuh mengenai integrasi teknologi dalam proses pembelajaran PAI.
Selanjutnya, penelitian ini menganalisis efektivitas penggunaan teknologi digital dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dari berbagai aspek, seperti keterlibatan aktif siswa, pemahaman terhadap materi, motivasi belajar, serta interaksi dua arah antara guru dan peserta didik. Ditemukan bahwa pemanfaatan teknologi dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, menyenangkan, dan interaktif, sehingga membantu siswa lebih mudah memahami nilai-nilai agama yang diajarkan. Selain itu, kehadiran media interaktif turut mempermudah guru dalam menyampaikan materi secara kontekstual dan variatif.
Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan teknologi digital dengan efektivitas pembelajaran PAI. Dengan kontribusi sebesar 38,2%, variabel teknologi digital terbukti memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor pendukung, seperti kesiapan guru dan ketersediaan infrastruktur, serta hambatan seperti keterbatasan perangkat dan rendahnya literasi digital. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar pengembangan strategi pembelajaran berbasis teknologi digital yang lebih optimal di masa mendatang.
Kata Kunci: Teknologi Digital, Interaksi Pembelajaran.

Dosen Pembimbing: Shirazy, Ahmad Mujib El and Susiyanto, Susiyanto | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 Oct 2025 06:45
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42567

Actions (login required)

View Item View Item