DEWI, FATMA SARI (2025) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM PENDIDIKAN AKHLAKUL KARIMAH DI SDIT AL AMANAH RAWAMANGUN, JAKARTA TIMUR. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400191_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400191_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Pendidikan akhlak berperan penting membentuk karakter siswa, khususnya di tengah tantangan moral generasi muda pada masa kini. Sekolah dasar islam terpadu menjadi salah satu institusi yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam aktivitas sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam pendidikan akhlakul karimah di SDIT Al Amanah Rawamangun, Jakarta Timur. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru-guru sebagai informan, dan siswa sebagai subjek pengamatan. Fokus penelitian diarahkan pada dimensi akhlak kepada Allah, diri sendiri, sesama, dan lingkungan yang diterapkan dalam program-program sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembiasaan dilaksanakan berdasarkan bentuk-bentuk akhlak melalui kegiatan harian maupun mingguan, yaitu 1) Akhlak terhadap Allah, melalui kegiatan Salat Zuhur Berjamaah, Salat Sunnah Dhuha, Membaca dan Menulis Al-Qur’an, dan Jum’at Al Kahfi, 2) Akhlak terhadap diri sendiri, melalui kegiatan Jum’at Sehat, 3) Akhlak terhadap sesama, melalui kegiatan Dauroh dan Jum’at Berbagi, dan 4) Akhlak terhadap lingkungan, melalui kegiatan Jum’at Bersih.
Pelaksanaan metode pembiasaan akhlakul karimah didukung oleh dukungan orang tua, kerjasama guru dan orang tua, antusiasme siswa, program yang terstruktur, serta didukung tata tertib dan fasilitas memadai. Namun, terdapat tantangan seperti kurangnya dukungan keluarga pada sebagian siswa, pengaruh negatif media sosial, kedisiplinan siswa belum merata, dan keterbatasan waktu di sekolah. Implementasi Program pembiasaan akhlakul karimah di sekolah dasar Islam terpadu terbukti efektif membentuk karakter siswa secara menyeluruh. Temuan ini diharapkan berkontribusi pada pengembangan pendidikan akhlak dan karakter berbasis nilai-nilai Islam di tingkat sekolah dasar.
Kata Kunci: implementasi, metode pembiasaan, pendidikan akhlakul karimah
| Dosen Pembimbing: | Madrah, Muna Yastuti and Tjahjono, Ali Bowo | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 07:50 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
