Azmi, Azmi (2025) UPAYA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM SHALAT DZUHUR BERJAMA’AH UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 5 TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400134_fulldoc.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400134_fulldoc.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400134_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400134_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (298kB)

Abstract

Pendidikan karakter menjadi salah satu hal yang penting dalam sistem pendidikan Indonesia. Salah satu aspek penting dalam pendidikan karakter adalah kedisiplinan. Kedisiplinan memiliki peran vital dalam kehidupan siswa, baik di lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sosial sehari-hari.

Namun, berdasarkan data dari Tim Kedisiplinan dan BK SMP Negeri 5 Taman Kabupaten Pemalang tahun 2024, tercatat bahwa 30% siswa di SMP Negeri 5 Taman Kabupaten Pemalang mengalami masalah kedisiplinan, seperti sering terlambat masuk sekolah, tidak mengerjakan tugas tepat waktu, dan kurang patuh terhadap tata tertib sekolah. Data ini menunjukkan bahwa masalah kedisiplinan masih menjadi tantangan serius yang perlu segera diatasi.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan implementasi program Shalat Dzuhur berjama’ah di SMP Negeri 5 Taman Kabupaten Pemalang. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan program Shalat Dzuhur berjama’ah dalam upaya sekolah meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 5 Taman Kabupaten Pemalang. (3) Menganalisis perubahan tingkat kedisiplinan siswa setelah diterapkannya program Shalat Dzuhur berjama’ah di SMP Negeri 5 Taman Kabupaten Pemalang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif untuk mengolah data informasi yang dibutuhkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Shalat Dzuhur berjamaah mampu memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan kedisiplinan siswa, terutama dalam hal ketepatan waktu, keteraturan, dan tanggung jawab. Meskipun demikian, pelaksanaan program ini masih menghadapi beberapa kendala, seperti kurangnya kesadaran beribadah dari sebagian siswa, keterbatasan waktu, serta minimnya dukungan dari orang tua. Sekolah merespons hambatan tersebut dengan berbagai upaya seperti penguatan peran guru, penyesuaian jadwal, serta peningkatan komunikasi dengan orang tua.

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan program pendidikan agama di sekolah-sekolah SMP lainnya, serta memberikan kontribusi dalam menciptakan pendekatan program pendidikan karakter yang lebih efektif dalam menanamkan nilai agama dan ibadah shalat pada siswa sehingga dapat meningkatkan kedisiplinan pada dirinya.
Kata Kunci: Shalat Dzuhur Berjama’ah, Kedisiplinan Siswa, Pendidikan Karakter

Dosen Pembimbing: Muchtar, Asmaji and Makhshun, Toha | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 27 Nov 2025 06:36
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42531

Actions (login required)

View Item View Item