ARYADI, ARYADI (2025) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PARENTING ISLAMI (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Merauke). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400119_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400119_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400119_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400119_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (363kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Parenting Islami dalam pembentukan karakter siswa di SMP Muhammadiyah Merauke . Parenting Islami merupakan pendekatan pendidikan yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pola asuh dan pembelajaran, dengan fokus pada pembentukan akhlak mulia, disiplin, dan tanggung jawab siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah tersebut telah mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam kurikulum dan kegiatan sehari-hari, seperti shalat berjamaah, tadarus Al-Qur'an, dan kajian Islam, yang secara signifikan mendukung pembentukan karakter siswa.
Parenting Islami memainkan peran krusial dalam membentuk karakter siswa, terutama dalam aspek akhlak, disiplin, dan pembiasaan ibadah. Orang tua yang menerapkan pola asuh Islami berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai kebaikan, menguatkan disiplin, dan membiasakan ibadah serta akhlak yang baik. Faktor pendukung dalam pembentukan karakter siswa meliputi dukungan orang tua, lingkungan sekolah yang kondusif, kerjasama antara sekolah dan orang tua, serta sarana dan prasarana yang memadai. Sementara itu, faktor penghambat meliputi kurangnya kesadaran orang tua, keterbatasan sumber daya, pengaruh lingkungan sosial yang negatif, dan kurangnya konsistensi dalam penerapan nilai-nilai Islami.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kombinasi antara pendidikan karakter di sekolah dan pola asuh Islami di rumah sangat efektif dalam membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia, disiplin, dan bertanggung jawab. Namun, diperlukan upaya lebih lanjut untuk mengatasi faktor penghambat dan memperkuat faktor pendukung agar proses pembentukan karakter siswa dapat berjalan lebih optimal. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kesadaran dan peran orang tua, mengoptimalkan lingkungan sekolah, meningkatkan sarana dan prasarana, serta mengatasi pengaruh lingkungan sosial negatif melalui berbagai program dan kerjasama yang lebih intensif.

Kata Kunci: Parenting Islami, Pembentukan Karakter, Pendidikan Islam, SMP Muhammadiyah Merauke.

Dosen Pembimbing: Muchtar, Asmaji and Choeroni, Choeroni | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 Nov 2025 01:45
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42521

Actions (login required)

View Item View Item