MACHMUD, AMMAR (2025) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN KH. SAHAL MAHFUDH; STUDI KOMPARATIF. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400086_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400086_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400086_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400086_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (202kB)

Abstract

Keterpurukan pendidikan Islam dan kemerosotan adab pada siswa hari ini adalah dampak nyata dari pengabaian konsep ta’dīb dan pendidikan shālih-akram. Syed Muhammad Naquib al-Attas dan KH. Sahal Mahfudh adalah salah satu dari sekian banyak cendekiawan muslim yang fokus pada persoalan pendidikan Islam, khususnya di Indonesia. Di sisi lain, kegagalan dalam memahami konsep pendidikan Islam secara sempurna mengakibatkan adanya sekat tebal antara ilmu agama dan ilmu umum. Hal ini diakibatkan karena umat muslim terlalu menerima secara totalitas peradaban dan budaya Barat sehingga terjadi sekularisme.
Penelitian kualitatif ini menggunakan desain kepustakaan dan metode studi komparatif. Yaitu memperbandingkan gagasan konsep pendidikan Islam kedua tokoh, relevansinya, persamaan dan perbedaan konsepnya, serta tantangan yang akan dihadapi dalam mengimplementasikan konsep pendidikan Islam keduanya terhadap lembaga pendidikan Islam di Indonesia era kini.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa konsep pendidikan Islam keduanya sangat relevan untuk diterapkan di lembaga pendidikan Islam di Indonesia, persamaan konsep pemikirannya terletak pada tujuan akhir dari pendidikan Islam, yaitu membentuk manusia yang memiliki adab yang mulia. Perbedaannya terdapat pada metode dan pendekatannya. Syed Naquib al-Attas lebih sering menggunakan metode metafora dan pendekatan filosofis-teoritis, sedangkan KH. Sahal Mahfudh lebih sering menggunakan metode uswah hasanah dan pendekatan normatif-praktis. Adapun tantangan dalam pengimplementasiannya adalah proses meresapkan dan menanamkan adab kepada generasi muslim saat ini yang dipenuhi dengan keglamoran gaya hidup, dan indikator-indikator utama untuk bisa dianggap sebagai manusia yang sempurna (al-insān al-kāmil) atau manusia yang shālih dan akram.
Kata kunci: akram, pendidikan islam, Sahal Mahfudh, shālih, Syed Naquib al- Attas, ta'dib

Dosen Pembimbing: Madrah, Muna Yastuti and Sudarto, Sudarto | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 01 Dec 2025 06:46
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42505

Actions (login required)

View Item View Item