NI’MAH, ADE (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP SIKAP TERBUKA DAN KEAKTIFAN SISWA MAN 22 JAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400025_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400025_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400025_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400025_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka dalam membentuk sikap terbuka dan meningkatkan keaktifan siswa di MAN 22 Jakarta. Kurikulum Merdeka sebagai pendekatan pembelajaran yang menekankan pada kemandirian, fleksibilitas, dan diferensiasi dianggap relevan dalam menjawab tantangan pendidikan abad ke-21. Melalui studi ini, peneliti mencoba menelaah sejauh mana kebijakan kurikulum tersebut mampu mendorong transformasi sikap dan perilaku belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Subjek penelitian melibatkan guru mata pelajaran, siswa, dan wakil kepala madrasah. Wawancara dilakukan kepada wakil kepala madrasah bidang kurikulum, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, dan perwakilan siswa. Observasi penelitian dilakukan di kelas XI. Dokumen yang diteliti adalah dokumen Kurikulum MAN 22 Jakarta dan data prestasi siswa. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Januari 2025 sampai dengan Mei 2025
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum Merdeka di MAN 22 Jakarta telah memberikan ruang lebih luas bagi siswa untuk berpendapat, berkolaborasi, serta lebih aktif dalam proses pembelajaran. Kurikulum ini juga memfasilitasi guru untuk merancang pembelajaran yang lebih kontekstual. Kesimpulannya, implementasi Kurikulum Merdeka memberikan dampak positif terhadap pembentukan sikap terbuka dan keaktifan siswa. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa tantangan dalam hal kesiapan guru, ketersediaan sumber daya, dan konsistensi pelaksanaan di lapangan. Oleh karena itu, diperlukan dukungan berkelanjutan dari berbagai pihak agar tujuan Kurikulum Merdeka dapat tercapai secara optimal.
Kata kunci: Kurikulum Merdeka, sikap terbuka, keaktifan, MAN 22 Jakarta

Dosen Pembimbing: Manaf, Sofwan and Warsiyah, Warsiyah | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Oct 2025 07:10
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42485

Actions (login required)

View Item View Item