Lili, Abdul Rohim (2025) KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PANDANGAN SYEIKH MUHAMMAD SALIH AL-MUNAJJID DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ABAD 21. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400013_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400013_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Pendidikan anak mutlak harus diperhatikan karena merupakan usaha sadar manusia untuk mengembangkan potensi anak baik jasmani maupun rohani, agar kelak sukses dunia akhirat. Orang tua bertanggung jawab dan berperan besar bagi pendidikan anak agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Banyak orang tua yang mengabaikan pendidikan anak dan belum memahami serta menerapkan konsep pendidikan anak yang telah digagas tokoh pendidikan anak berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah, sehingga didapati saat ini muncul berbagai problematika pendidikan anak seperti dekadensi moral pada anak dan juga krisis keteladanan dan pengawasan dari orang tua. Terlebih di abad ke-21 ini, di mana anak dengan mudah mengakses berbagai media sosial di dunia maya dengan gawai mereka yang jauh dari nilai-nilai edukatif. Dalam kaitan itulah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan anak dalam pandangan Syeikh Muhammad Salih Al-Munajjid dan relevansinya dengan pendidikan abad 21. Penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan anak dalam pandangan Syeikh Muhammad Salih Al-Munajjid berfokus pada pendekatan holistik untuk membentuk Muslim yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Pendidikan ini menyasar seluruh aspek perkembangan anak (spiritual, moral, intelektual, sosial, fisik) sesuai perkembangan usia mereka. Materinya meliputi pendidikan Islam komprehensif (akidah, ibadah, akhlak), ilmu umum, dan nilai luhur. Metodenya melibatkan keteladanan, pembiasaan, pengawasan, serta hadiah dan hukuman yang mendidik. Konsep pendidikan anak dalam pandangan Syeikh Muhammad Salih Al-Munajjid memiliki relevansi yang kuat dan mendalam dengan tuntutan pendidikan abad 21. Relevansi ini tampak jelas dalam beberapa aspek kunci, yaitu: Tujuan pendidikan dalam pembentukan insan bertakwa. Sasaran pendidikan abad ke-21 dalam pembentukan karakter dan akhlak. Sasaran keterampilan abad 21 dalam pembentukan kemandirian belajar. Prinsip pokok pembelajaran abad 21 yang berpusat pada siswa dan kolaboratif, dan karakteristik anak abad 21 yang adaptif dan berkontribusi.
Keyword: Konsep, Pendidikan Anak, dan Salih Al-Munajjid
Dosen Pembimbing: | Madrah, Muna Yastuti and Tjahjono, Ali Bowo | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 07:16 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42476 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |