Hidayah, Siti (2025) Implikasi Peran Ganda Guru PAI Akan Berdampak Pada Proses Pembelajaran (Studi Kasus di SMP Empu Tantular Semarang). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502200084_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200084_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502200084_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200084_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (794kB)

Abstract

Guru PAI yang merangkap sebagai operator merupakan sosok pendidik yang memiliki tanggung jawab ganda di lingkungan sekolah. Dengan latar belakang keahlian baik dari segi pendidikan maupun keterampilan administrasi, guru PAI dituntut untuk mampu menjalankan profesinya secara profesional. Namun, ketika satu orang guru harus menjalani peran ganda sekaligus ‘mengajar mata pelajaran agama Islam, dan mengelola data sebagai operator sekolah’ maka tantangan yang dihadapi pun semakin kompleks. Tidak hanya harus memprioritaskan tugas-tugas akademik namun juga di bebankan administratif. Kemampuan multitasking dan manajemen waktu sangat diuji dalam situasi ini. Beban kerja yang tinggi dapat menimbulkan tekanan apabila tidak diimbangi dengan dukungan dari pihak-pihak terkait, seperti kepala sekolah, rekan sejawat, dan lingkungan kerja yang kondusif. Maka dari itu, penting untuk mengkaji bagaimana guru PAI menjalani dan mengatasi problematika dari peran gandanya ini.
Kata Kunci : Peran Ganda, Guru PAI, Operator Sekolah, Kegiatan Pembelajaran

Dosen Pembimbing: Asmaji, Asmaji | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 27 Nov 2025 03:15
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42461

Actions (login required)

View Item View Item