Rakhli, Muh Ravi Akmal (2025) ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH BANK BSI SYARIAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Manajemen_30402100169_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Manajemen_30402100169_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek kualitas dan kepercayaan diri pada kepuasan dan loyalitas nasabah Bank BSI Syariah di Semarang. Di tengah persaingan industri perbankan islam yang semakin sengit di bidang perbankan Islam, pemahaman yang mendalam tentang faktor -faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas nasabah menjadi penting bagi keberlanjutan dan pertumbuhan bank -bank Islam. Penelitian ini telah menrapkan pendekatan kuantitatif untuk desain penelitian horizontal. Sampel penelitian terdiri dari 98 nasabah Bank BSI Syariah di Semarang, yang dipilih untuk menggunakan teknik pengambilan sampel yang ditargetkan. Data utama yang dikumpulkan melalui kuesioner struktural yang telah menjalani tes validitas dan reliabilitas itu. Variabel independen termasuk kualitas dan kepercayaan diri, sementara variabel dependen adalah kepuasan dan loyalitas. Analisis data terkait dengan deskripsi dan statistic penalaran, termasuk analisis regresi. Uji asumsi klasik seperti normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas dilakukan untuk memastikan keandalan model. Hipotesis diuji dengan menggunakan tes T, hasil tes F. Hasil penelitian akan mengungkapkan kontribusi relatif dari kualitas layanan dan kepercayaan diri dalam kepuasan nasabah, serta peran mediasi kepuasan dalam hubungan antara tiga faktor dan loyalitas. Hasil ini akan memberikan informasi berharga untuk manajemen Bank BSI Syariah dalam merancang strategi untuk meningkatan layanan dan membangun hubungan jangka panjang dengan nasabah. Implikasi secara teoretis dari penelitian ini meliputi pengembangan model konseptual yang menggabungkan faktor -faktor utama dalam konteks perbankan islam di Indonesia. Faktanya, hasil penelitian ini dapat menjadi referensi untuk BSI Syariah bank dan lembaga keuangan islam lainnya untuk mengoptimalkan sumber daya untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas.
Kata kunci: kualitas layanan, kepercayaan, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah, perbankan islam.
Dosen Pembimbing: | Ratnawati, Alifah | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 06:49 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41403 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |