Sukma, Mohammad Nirwana Indra (2025) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING, DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE BEHAVIOR MELALUI PURCHASE INTENTION PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Manajemen_30402100149_fullpdf.pdf] Text
Manajemen_30402100149_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Manajemen_30402100149_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Manajemen_30402100149_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Celebrity Endorser terhadap Purchase Behavior dengan Purchase Intention sebagai variabel mediasi pada pengguna marketplace Tokopedia di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis explanatory research. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 253 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dengan skala likert dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Celebrity Endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Behavior. Selain itu, Purchase Intention terbukti memediasi hubungan antara Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Celebrity Endorser terhadap Purchase Behavior. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi marketing berbasis Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Celebrity Endorser dapat mempengaruhi Purchase Intention dan Purchase Behavior konsumen di platform marketplace, khususnya Tokopedia.

Kata kunci: Online Customer Review, Online Customer Rating, Celebrity Endorser, Purchase Intention, Purchase Behavior, Tokopedia.

Dosen Pembimbing: Ratnawati, Alifah | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:19
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41400

Actions (login required)

View Item View Item